Rabu, April 24, 2024

Tips Berbisnis Online Saat Ramadhan 2022

Techbiz.id – Saat ini segala kebutuhan beribadah di bulan Ramadhan bisa dengan mudah dipenuhi lewat kanal online. Apalagi, masyarakat juga sudah mulai beralih ke berbelanja online.

Menurut data dari Google, Temasek & Bain, e-Conomy SEA 2021 memaparkan 45 persen toko online akan meningkatkan penggunaan pelayanan website untuk 5 tahun mendatang.

Momentum Ramadhan yang diyakini membawa berkah bisa menjadi kesempatan pelaku UMKM untuk bangkit dan mengembangkan bisnis mereka.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan, data ini bisa menjadi motivasi pelaku bisnis di bulan Ramadhan dengan mengembangkan toko online.

Ia pun membagikan ragam bisnis yang bisa digelar selama Ramadhan, mulai dari katering makanan untuk sahur dan berbuka puasa, perlengkapan sholat dan busana muslim hingga paket hampers jelang Lebaran nanti.

“Para pelaku usaha yang berfokus di internet dapat menggunakan tool marketing yang tepat untuk mendatangkan traffic ke website toko mereka.” ujarnya saat memaparkan tips berbisnis online, Rabu (13/4/2022).

Bisnis online

Sebagai contoh, dikatakan Indra, untuk mengetahui produk unik yang sedang tren saat Ramadhan setiap tahunnya bisa menggunakan Google Trends. Kemudian melakukan pemasaran digital melalui Facebook Ads atau Google Ads.

Ia melanjutkan, belanja online menjadi konsep yang disukai masyarakat. Terlihat dari data yang dilansir dari Google, sebanyak 73 persen konsumen menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi lebih jauh seperti dari ecommerce dan website brand yang sedang dicari.

Sehingga semakin banyak toko offline maupun brand yang beralih ke strategi digital untuk mengelola bisnis mereka.

“Pelaku usaha harus melihat dan memaksimalkan peluang bisnis dengan memanfaatkan banyak kanal penjualan online sebagai prioritas seperti promosi di media sosial dan memaksimalkan website” tambah Indra.

Baca juga: Dukung Transformasi Digital, Exabytes Gelar Indonesia Website Awards 2021

Dalam kesempatan yang sama, Iqbal Prakasa, selaku Marketing Manager JDL Express Indonesia, mengatakan “Bulan Ramadhan ini juga momen yang tepat bagi pebisnis atau seller untuk meningkatkan penjualan, salah satunya hampers.

“Tahun 2022 ini boleh dikatakan tahun bangkitnya UMKM setelah 2 tahun kita melewati pandemi. Jadi, ini waktu yang pas untuk melebarkan funnel sales, tidak hanya di marketplace saja”, jelas Iqbal.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...