Sabtu, April 20, 2024

WhatsApp Batasi Fitur ‘Forward’ Pesan Demi Cegah Hoaks

Techbiz.id – Berita palsu alias Hoaks tetap menjadi topik hangat, tepatnya sudah tiga tahun berlalu. Kini WhatsApp mencoba memerangi hal itu dengan membatasi jumlah pesan yang sudah diteruskan (forward) pengguna ke grup lain pada satu waktu.

Pembatasan WhatsApp ini sebenarnya sudah diberlakukan di Brazil beberapa waktu lalu, tetapi kini WhatsApp mulai menggulirkan pembaruan fitur forward pesan kepada pengguna global mereka di seluruh dunia.

Mulai dari WhatsApp untuk Android beta 2.22.7.2, pengguna WhatsApp tidak lagi diperbolehkan untuk meneruskan pesan yang sudah diteruskan ke lebih dari satu grup chat di Android.

Dilansir dari WABetaInfo (via 9to5Mac), akhir pekan lalu WhatsApp juga menerapkan pembatasan yang sama pada WhatsApp versi iOS (beta 22.7.0.76).

Dapat dipahami bahwa dengan membatasi seberapa sering pesan diteruskan, WhatsApp mengurangi jumlah pengguna yang menerima kemungkinan berita palsu.

Untuk memastikan bahwa informasi yang salah tidak menyebar, pesan yang telah diteruskan akan langsung memakai aturan baru ini.

Forward pesan WhatsApp

Baca juga: Pesan Suara WhatsApp Punya Banyak Fitur Baru, Ini Detilnya

Hal ini tidak berlaku jika Anda merupakan sang penulis pesan. Pasalnya, penulis pesan tidak memiliki batasan seberapa sering dapat meneruskan pesan Anda.

Di sisi lain, jika Anda hanya sebagai penerima pesan yang telah diteruskan kepada Anda, pesan tersebut tidak dapat diteruskan lagi ke lebih dari satu obrolan grup.

Saat ini hanya penguji beta tertentu yang menerima pembatasan fitur tersebut. Namun, WhatsApp akan menggulirkannya secara bertahap kepada seluruh pengguna selama beberapa hari ke depan, seperti dilansir dari Phonearena, Selasa (5/4/2022).

Tidak hanya itu, WhatsApp juga akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan pintasan tertentu saat memilih nomor telepon dalam gelembung obrolan.

Sebelumnya, mengetuk nomor telepon di gelembung obrolan akan membawa Anda ke aplikasi dialer default ponsel Anda. Tapi kini, WhatsApp malah mencari tahu apakah nomor telepon yang Anda ketuk itu milik seseorang yang punya akun WhatsApp.

Baca juga: Siap-Siap, Kirim File Besar Bakal Bisa Lewat WhatsApp

Jika nomor telepon itu memiliki akun WhatsApp, Anda dapat langsung memulai obrolan baru, memanggil nomor tersebut, atau menambahkannya ke daftar kontak Anda.

Namun, jika ternyata nomor yang dipilih tidak ada di WhatsApp, Anda akan memiliki opsi untuk memanggil nomor tersebut atau menambahkannya ke daftar kontak Anda.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...