Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaAppsAsyik! Kreator TikTok Bakal Dapat Cuan Lebih dari Iklan

Asyik! Kreator TikTok Bakal Dapat Cuan Lebih dari Iklan

Must Read

Techbiz.id – TikTok membuka cara baru bagi para kreator untuk menghasilkan cuan. Platform video pendek ini berencana untuk mulai membagikan hasil pendapatan iklan brand tertentu dengan kreator konten.

Program baru ini akan disebut sebagai TikTok Pulse dengan skema iklan dijalankan secara khusus di samping “4% teratas dari semua video di TikTok,”, sebagaimana dikatakan perusahaan dalam posting blog resminya.

Agar bisa mengikuti program ini, kreator dan penerbit iklan setidaknya memiliki 100.000 followers sebagai syarat untuk menerima pendapatan saat video mereka disertakan.

Sandie Hawkins, GM Solusi Bisnis Global Amerika Utara TikTok, mengatakan TikTok akan berbagi 50 persen cuan dari pendapatan iklan dari Pulse dengan kreator konten yang sudah memenuhi syarat.

Skema ini mendekati apa yang ditawarkan YouTube kepada kreator konten, yakni dengan memberi mereka potongan iklan sebesar 55 persen yang dilaporkan.

Di sisi lain program TikTok Pulse, TikTok memberikan akses bagi brand untuk menargetkan iklan mereka secara spesifik.

Brand bisa menempatkan iklan mereka berdampingan dengan kategori konten tertentu termasuk kecantikan, fesyen, binatang peliharaan, gim, hingga olahraga.

Hawkins mengatakan bahwa TikTok’s Pulse akan diluncurkan pada bulan Juni di AS, dengan pasar tambahan datang sekitar musim gugur ini atau sekitar kuartal IV/2022.

Baca juga: TikTok Uji Tombol Dislike untuk Komentar

Sebelumnya, TikTok telah memperkenalkan Creator Fund, yang membayar pengguna tertentu berdasarkan popularitas video mereka.

Namun kreator konten mengatakan bahwa pembayaran dari program mungkin saja kecil dan masih belum konsisten, yang berarti program ini tidak menawarkan aliran pendapatan berkelanjutan layaknya program iklan YouTube.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...