Selasa, April 23, 2024

BEI Gunakan Platform Denodo untuk Distribusi Data Pasar

Techbiz.id – Untuk pendistribusian data pasar yang lebih baik dan lebih cepat kepada anggota dan pelanggannya, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan telah memilih Platform Denodo sebagai komponen strategis arsitektur manajemen data modern.

“Kami mempermudah anggota dan pelanggan kami untuk menerima data pasar dan lebih fokus dalam memberikan data tepercaya secara real-time. Memanfaatkan pendekatan logis untuk manajemen dan integrasi data adalah kunci untuk memenuhi tujuan ini dan meningkatkan penawaran layanan data kami,” kata Direktur Perdagangan dan Keanggotaan BEI, Laksono W.Widodo.

Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai salah satu regulator dan penyelenggara perdagangan di Pasar Modal Indonesia menyediakan berbagai solusi produk Data Pasar yang dikembangkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat guna mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

Sebagai informasi, BEI menerima volume data transaksional yang signifikan setiap hari, misalnya, data perdagangan Saham & Obligasi. Data ini berada di dalam sistem terdistribusi yang berdiri sendiri. 

Baca juga: Masyarakat Indonesia Kini Bisa Investasi di Pasar Saham AS

Ada struktur data yang berbeda dan jaringan luas sumber data internal dan eksternal yang perlu dihubungkan, digabungkan dan dikonsumsi. Struktur data logis yang diaktifkan oleh Platform Denodo memungkinkan semua data yang berbeda ini dikelola di satu tempat.

“Tantangan data pertama yang kami selesaikan menggunakan platform Denodo adalah untuk mengintegrasikan pengiriman pesan dan data streaming real-time dengan sumber data API lainnya untuk mendukung inisiatif sistem Data Pasar kami yang baru. Kami melihat kasus penggunaan lain untuk Denodo. Jadi, ini akan menjadi bagian penting dari arsitektur data jangka panjang kami saat kami memperluas sumber data kami,” ujar Laksono. 

Denodo akan digunakan untuk meningkatkan manajemen dan tata kelola data melalui lapisan data logis tunggal yang disediakannya dan mempercepat penyampaian informasi.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...