Kamis, Desember 8, 2022

Instagram Uji Fitur untuk Tampilkan NFT

Techbiz.id – Para kolektor Non Fungible Token (NFT) segera bisa menampilkan token mereka di Instagram. Hal ini lantaran Instagram mulai menguji fitur tersebut.

Uji coba ini terbatas hanya untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat yang dimulai pekan ini.

Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan dalam sebuah video bahwa sekelompok pengguna akan memiliki kemampuan untuk menampilkan NFT pada feed, story, dan pesan mereka.

Pengguna tersebut tidak akan dipungut biaya untuk mengunggah atau membagikan NFT-nya di Instagram.

Nantinya, NFT yang ditampilkan akan memiliki tag khusus bernama ‘digital collectibles’ dan akan muncul di konten seperti tag profil atau produk.

Jika tag tersebut diklik, pengguna Instagram lainnya akan melihat informasi tambahan berupa nama pemilik dan pencipta NFT tersebut, seperti dilansir dari TheVerge, Selasa (10/5/2022).

Mosseri mengatakan uji coba ini masih skala kecil untuk memulai agar Instagram dapat belajar dari komunitas.

Mungkin dalam upaya untuk mengatasi ketidakpercayaan terhadap platform jejaring sosial utama yang melompat ke NFT.

Ia menyadari adanya ketegangan antara perusahaan besar seperti Instagram dan etos Web3 yang terdesentralisasi.

“Saya ingin mengakui di awal bahwa NFT dan teknologi blockchain dan Web3 secara lebih luas adalah tentang mendistribusikan kepercayaan, mendistribusikan kekuatan,” kata Mosseri dalam video yang diunggah di Twitter.

“Tapi Instagram pada dasarnya adalah platform terpusat, jadi ada ketegangan di sana. Jadi salah satu alasan mengapa kami mulai dari kecil adalah kami ingin memastikan bahwa kami dapat belajar dari komunitas,” imbuhnya.

Pada pengujian awal ini, NFT yang bisa ditampkan adalah NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon. Sementara dukungan untuk Solana dan Flow segera hadir ke depannya.

Baca juga: Instagram Uji Fitur Sematkan Postingan di Profil

Mosseri menekankan bahwa dukungan untuk NFT di Instagram dapat membantu memperkenalkan teknologi tersebut ke lebih banyak orang.

Terlebih lagi, Instagram bukan satu-satunya platform sosial media yang mulai menggarap dunia NFT. Januari lalu, Twitter sudah memperkenalkan NFT sebagai foto profil yang berbentuk heksagon atau segi enam. Fitur ini hanya bisa diakses oleh pelanggan Twitter Blue.

Terkait

Artikel Terkait

Penjualan Ponsel Lipat Samsung Naik Dua Kali Lipat untuk Pengguna Bisnis

Techbiz.id - Samsung Electronics mengumumkan penjualan smartphone Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat...