Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaDevicesMengupas Chipset Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A73 5G, Sekuat Apa?

Mengupas Chipset Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A73 5G, Sekuat Apa?

Must Read

Techbiz.id – Mewarnai tahun 2022, Samsung resmi meluncurkan HP terbarunya yaitu Galaxy A73 5G yang merupakan varian tertinggi di lini seri A Samsung saat ini.

Hal menarik yang terdapat di Samsung Galaxy A73 5G ini adalah terbenamnya chipset buatan Qualcomm yakni Snapdragon 778G.

Berbicara tentang Snapdragon 778G, chipset ini resmi diluncurkan oleh Qualcomm tahun lalu sebagai amunisi untuk jajaran smartphone masa kini guna memberikan performa yang maksimal.

Berkat hadirnya chipset gahar ini, diklaim mampu meningkatkan aktivitas muktitasking maupun bermain game menjadi lebih lancar lagi.

Kali ini, team Redaksi bakal mengupas tuntas terkait seberapa kuat dan berpengaruhnya chipset Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A73 5G.

Baca juga: 5 Tips Abadikan Momen Indah Bareng Samsung Galaxy A73 5G

Performa Gaming yang Gahar

Mengutip dari laman website resmi AnTuTu Benchmark, chipset Snapdragon 778G mendapatkan total skor 759137 dengan peringkat ke-6 yang mengartikan bahwa chipset ini menghasilkan performa hebat.

Pantas saja, ketika team Redaksi menguji Samsung Galaxy A73 5G untuk bermain game mobile berat sekalipun, terasa sangat lancar dan anti nge-lag.

Snapdragon 778G yang dibuat dengan fabrikasi 6nm ini juga memberikan performa untuk Samsung Galaxy A73 5G saat digunakan untuk aktivitas berat lainnya diluar gaming seperti mengakses sosial media, browsing, dan multitasking.

Teknologi Liquid Cooling System juga tersedia di HP ini sehingga bisa meminimalisir hawa panas berlebih di Samsung Galaxy A73 5G pada saat sedang aktif digunakan.

Meski bukan resmi dipasarkan sebagai HP gaming, namun performa gaming Samsung Galaxy A73 5G dikatakan sudah nyaris sebanding dengan deretan HP gaming dikelasnya.

Mampu Menghasilkan Konten Gambar dan Video yang Apik

Salah satu keunggulan Snapdragon 778G adalah mampu meningkatkan hasil kualitas kamera yang apik. Hal ini bisa dibuktikan lewat jernihnya hasil gambar dan video yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A73 5G.

Apalagi, Samsung Galaxy A73 5G sendiri pun juga dibekali dengan resolusi kamera utama 108MP, kamera ultrawide 12MP, serta kamera depth sensor dan makro yang masing-masing beresolusi 5MP. Sementara itu untuk kamera depannya, beresolusi 32MP.

Tak henti sampai situ, tersemat teknologi OIS sehingga pada saat Anda sedang menangkap gambar menggunakan kamera Samsung Galaxy A73 5G, tak perlu khawatir bakal akan goyangan yang membuat hasil foto berbayang/blur.

Snapdragon 778G Samsung

Baca Juga: 5 Alasan Samsung Galaxy A73 Cocok Jadi Gadget Kamu

Lalu soal perekaman videonya, kamera Samsung Galaxy A73 5G dilengkapi dengan fitur perekaman video kamera belakang 30fps dengan resolusi 4K dan 60fps di resolusi 1080p.

Selain itu, terdapat pula fitur slow motion HD yang berada di kecepatan 240 fps dan ada juga peningkatan dalam Hybrid Optic Zoom hingga 3 kali zoom.

Teknologi Video Digital Image Stabilization (VDIS) juga tersemat di kamera Samsung Galaxy A73 5G sehingga saat aman apabila Anda ingin merekam video sambil berjalan.

Recommended Buat Para Video Editor

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa hadirnya Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A73 5G ini mumpuni untuk digunakan aktivitas berat sekalipun, salah satunya untuk menggunakan aplikasi editing video.

Selain itu, para editor juga bisa lancar melakukan aktivitas Multitasking seperti misalnya mengedit video sambil mencari source gambar ataupun sound sebagai pelengkap.

Sebab, Galaxy A73 5G juga didukung dengan RAM Plus yang bisa menambah kapasitas RAM hingga 8GB. HP ini memiliki RAM 8GB dan memori internal yang lega seluas 256GB sehingga mempermudah para editor untuk menyimpan hasil video yang telah disunting.

Layar dan Konektivitas yang Cepat

Chipset Snapdragon 778G di Samsung Galaxy A73 5G juga mempengaruhi sensitivitas layar yang oke. HP Samsung yang satu ini menggunakan display Super AMOLED seluas 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz dan resolusi 1080 x 2400 pixel yang juga dibalut oleh HDR10+.

Baca Juga: Daftar HP Samsung RAM 8GB dengan Harga Terjangkau

Desain layar HP ini mengusung Infinity-O Display yang dilengkapi dengan kecerahan maksimum (HBM) mencapai 800 nits. Selain itu, chipset gahar ini juga berdampak baik pada kecepatan konektivitas di Samsung Galaxy A73 5G.

Apalagi, HP ini sudah memiliki konektivitas Bluetooth 5.0, WiFi 802 yang mampu meningkatkan jumlah stream menjadi sebanyak 12 buah antara jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz, serta tentunya jaringan 5G yang saat ini sudah mulai merata di beberapa wilayah Indonesia.

Dipasarkan dengan harga Rp 7.799.000 berbekal beberapa keunggulan di atas, Samsung Galaxy A73 5G sudah dikatakan hampir mendekati jajaran HP flagship di harga 10 jutaan ke atas.

Simak juga video menarik dari Techbiz Indonesia:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin NGL Link di Instagram Stories, Wajib Coba!

Techbiz.id - Baru-baru ini warganet ramai dengan tren NGL: anonymous q&a atau biasa disebut NGL Link di Instagram Stories....