Kamis, November 7, 2024

Pertumbuhan Aplikasi Mobile Alami Akselerasi di 2021

 Techbiz.id – Berdasarkan laporan tren aplikasi mobile tahunan yang dirilis Adjust, pertumbuhan aplikasi mobile di seluruh dunia terus mengalami akselerasi pada tahun 2021.

Setelah mengalami perubahan industri dan guncangan akibat pandemi selama setahun, ekosistem apikasi dilaporkan mengalami pertumbuhan instalasi dan sesi di seluruh industri.

Menurut data Adjust, aplikasi fintech, e-commerce dan game unggul dan berhasil meraih pendapatan dalam aplikasi bulanan yang memecahkan rekor di tahun 2021.

Aplikasi saham dan crypto memberikan kontribusi sebesar 7% dan 2% dari seluruh instalasi aplikasi fintech, tetapi memberikan kontribusi sebesar 17% dan 6% dari jumlah sesi. Crypto app juga memiliki durasi sesi rata-rata paling lama di tahun 2021 yakni lebih dari 15 menit.

Pendapatan dalam aplikasi untuk kategori fintech secara stabil dan konsisten juga mengalami kenaikan dari bulan Januari 2020 – Desember 2021, dan bulan Maret 2021 menjadi bulan dengan kinerja paling tinggi.

Baca juga: Survei Adjust: Aplikasi Streaming Berbayar Paling Banyak Diunduh

Sementara itu, jumlah instalasi aplikasi e-commerce meningkat sebesar 12% YoY di tahun 2021 dan bulan November menjadi bulan dengan kinerja terbaik, yakni 20% di atas rata-rata tahunan.

Dua pasar yang mengalami pertumbuhan yang tinggi adalah EMEA dan LATAM, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 18% dan 14% YoY.

Bulan Mei 2021 menjadi bulan di mana pendapatan dalam aplikasi e-commerce memecahkan rekor, yakni meningkat 46% YoY di tahun 2021 secara global.

Aplikasi marketplace berhasil meraih tingkat retensi yang jauh lebih baik dari aplikasi e-commerce lainnya, yakni 27% di Hari ke-1 dan 10% di Hari ke-30 di tahun 2021, dibandingkan dengan 19% dan 7% di tahun 2020.

Laporan juga menyebutkan bahwa aplikasi hiperkasual akan tetap bertahan, dengan pangsa terbesar untuk instalasi game (27%), sementara action game memberikan kontribusi terbesar dari jumlah sesi (30%).

Jumlah instalasi aplikasi game di seluruh dunia meningkat sebesar 32% YoY di tahun 2021, mempertahankan pertumbuhan yang didorong oleh pandemi sejak tahun 2020, pencapaian pada H2 melampaui H1 sebesar 12%.

Pertumbuhan instalasi tergolong konsisten di berbagai kawasan utama di tahun 2021. LATAM dan EMEA meraih pertumbuhan paling tinggi, diikuti oleh APAC dan Amerika Utara.

Durasi sesi, jumlah sesi per pengguna per hari, dan waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi meningkat di tahun 2021. Adjust mencatat bahwa bulan Januari 2021 menjadi bulan dengan pendapatan dalam aplikasi paling tinggi di seluruh dunia.

“Terlepas dari tantangan yang terjadi selama setahun terakhir, ekosistem mobile app terus berkembang, ini menunjukkan bahwa industri app marketing sangat kuat dan mudah beradaptasi,” kata Simon “Bobby” Dussart, CEO Adjust.

Lebih lanjut menurut Dussart, agar dapat menjangkau pengguna, para marketer dan tim UA perlu mengandalkan strategi berbasis data untuk meningkatkan retensi dan terus mencari, mengatribusikan, dan mengukur audience baru dan yang ada.

Dussart menyebutkan bahwa walaupun berbagai tantangan masih akan terus terjadi di tahun 2022, berbagai peluang dapat dimanfaatkan di tahun ini karena kebutuhan dan keinginan pengguna untuk mengunduh aplikasi akan semakin terlihat.

“Aplikasi tidak hanya menyediakan hiburan yang luar biasa dan unggul secara global serta cara-cara yang mudah untuk menyelesaikan tugas dan meningkatkan kehidupan sehari-hari; aplikasi juga memecahkan masalah dan memberdayakan pengguna di berbagai negara di seluruh dunia,” pungkas Dussart.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...