Minggu, Juni 26, 2022
BerandaDevicesProduksi iPhone 14 Terhambat Lockdown di China, Batal Dirilis?

Produksi iPhone 14 Terhambat Lockdown di China, Batal Dirilis?

Must Read

Techbiz.id – Produksi iPhone 14 dikabarkan terhambat lantaran kondisi di China yang sempat lockdown beberapa waktu lalu.

Meski sudah mulai dilonggarkan, lockdown yang dimulai pada akhir Maret di Shanghai, China ini tetap berdampak terhadap supply chain. Sehingga, proses produksi salah satu model iPhone 14 dilaporkan terlambat hingga 3 pekan.

Menurut laporan dari Nikkei Asia, Apple kabarnya sudah memberitahu mitra pemasoknya untuk mempercepat proses produksi agar jangan sampai menunda jadwal produksi, yang ada selanjutnya bisa saja mempengaruhi volume produksi awal iPhone 14.

Apple sendiri diperkirakan akan meluncurkan empat model iPhone baru tahun ini. Setelah melihat penjualan mini iPhone 13 yang lesu, Apple hanya menawarkan ukuran iPhone‌ yang lebih besar untuk perangkat andalannya tahun 2022, mencakup iPhone 14‌, iPhone 14 Pro, iPhone 14‌ Max, dan iPhone 14 inci Pro Max.

Saat ini keempat model iPhone 14 sedang dalam tahap engineering verification test (EVT). Biasanya semua model iPhone baru akan menyelesaikan proses EVT dan berlanjut ke tahap verifikasi pada akhir Juni.

Setelah proses pengembangan, mitra perakit Apple seperti Foxconn dan Pegatron akan memasuki fase new product introduction (NPI). Tahap ini diikuti oleh beberapa proses verifikasi sebelum produksi massal dimulai, biasanya sekitar akhir bulan Agustus.

“Jika proses pengembangan bisa dipercepat dan berlanjut ke tahap selanjutnya sekitar akhir Juni atau awal Juli, maka masih ada kemungkinan untuk memenuhi tenggat waktu produksi massal pada awal September,” kata sumber Nikkei Asia.

“Tapi itu sangat bergantung pada apakah proses bisa dipercepat dalam waktu dekat,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Catat! 2 iPhone Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Oktober 2022

Analis dari Taiwan Institute for Economic Research Chiu Shih-fang mengatakan ia tidak begitu optimis masalah supply chain akan selesai dalam waktu dekat. Ia mengatakan saat ini supply chain di China masih belum normal karena masih banyak pembatasan yang diterapkan di Shanghai, tapi mungkin tidak akan mempengaruhi peluncuran iPhone 14.

“Dibutuhkan setidaknya satu hingga dua bulan lagi untuk memulihkan supply chain,” pungkas Chiu.

Terkait

Artikel Terkait

Tombol Caption Twitter Kini Hadir di Android dan iOS

Techbiz.id - Twitter telah mengumumkan bahwa tombol 'Closed Caption' (CC) untuk menampilkan teks dalam video kini tersedia untuk semua...