Kamis, April 25, 2024

Teknologi Virtual Real Time Makin DIminati

Techbiz.id – Pemanfaatan teknologi in-camera visual effects (ICVFX) berkembang pesat dalam waktu dua tahun terakhir. Memanfaatkan sofware real time dan panggung skala besar xR dan layar LED, para kreator bisa memproduksi acara virtual secara real time.

Software real-time memungkinkan kreator untuk bekerja secara kreatif dan kolaboratif, tanpa waktu rendering yang panjang dan alur kerja tertutup. Saat diaplikasikan ke industri media dan hiburan, ini artinya penulis, tim produksi, artis, sutradara dan kru film bebas untuk berfokus pada penciptaan dan mewujudkan ide-ide mereka lebih cepat, lebih kreatif, dan fleksibel dibandingkan sebelumnya.

Dari pembuat film independen hingga stasiun-stasiun TV besar, bahkan penyelenggara acara, siapa saja kini dapat memanfaatkan teknologi real-time dalam produksi virtual dan in-camera visual effect (ICVFX) untuk menciptakan lokasi yang imersif dan interaktif, bahkan imajiner, di dalam batas-batas panggung.

Teknologi Virtual Real Time

Bahkan, studio seperti AUX Media di Singapura, 3Particle di Malaysia dan V2 Indonesia sudah memanfaatkan produksi virtual real time untuk membuka jalan baru di produksi live broadcast, virtual event, video musik, dan lainnya.

“Produksi virtual adalah masa depan media dan sektor hiburan – baik untuk produksi film dan TV, periklanan, penyiaran atau live event. Ini dengan cepat membentuk cara kita menciptakan, dan kecepatan serta skala bagi kreator dalam mewujudkan ide-ide mereka, dan ASEAN berada dalam posisi yang baik untuk menangkap permintaan ini,” ucap Dean Reinhard, Evangelist and Technical Account Manager, Southeast Asia, Epic Games.

Unreal Engine dari Epic Games dikatakan Dean Reinhard menjadi jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi bagi semua orang yang ingin memanfaatkan solusi teknologi real time di seluruh platform seluler, PC, konsol, AR dan VR.

Dari desain game hingga pengalaman sinematik imersif, kreator kini bisa memanfaatkan teknologi Unreal untuk visualisasi yang realistis seperti foto, desain produk interaktif, film, produksi virtual, penyiaran TV realita campuran, kebutuhan hiburan animasi dan akhirnya, Game Engine yang kuat dan mulus.

Terlepas dari industrinya, Unreal Engine sudah terbukti sekutu kreatif strategis untuk para kreator dan inovator di era digital. Terutama di industri-industri yang biasanya bersifat teknis, kuat, dan padat waktu seperti media dan hiburan, Unreal sudah revolusioner dalam mentransformasi alur kerja, memungkinkan pengguna untuk mewujudkan imajinasi dan visi mereka, dengan kebebasan yang lebih besar, kesetiaan dan fleksibilitas dibandingkan sebelumnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...