Rabu, April 24, 2024

Trafik Internet Smartfren Naik 10% Saat Momen Lebaran

Techbiz.id – Pada momen Ramadan dan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Smartfren melaporkan terjadi lonjakan trafik pada jaringannya.

Sepanjang momen tersebut terjadi lonjakan trafik internet hingga 10%, untuk layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8% demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25% dibanding lebaran tahun sebelumnya.

Menurut VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, lonjakan trafik internet Pada momen Ramadan dan mudik Lebaran tersebut dipicu oleh meningkatnya kebutuhan internet untuk mengakses streaming video maupun musik, hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10%.

Terjadi kenaikan trafik yang significant untuk aplikasi Tiktok sebesar 18% dan WhatApps sebesar 13%, kedua aplikasi tersebut banyak digunakan pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idul Fitri.

Baca juga: Selesai Optimasi Jaringan, Smartfren Siap Hadapi Lonjakan Trafik

“Momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi berbeda karena masyarakat kembali bisa mudik ke kampung halaman. Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren,” ungkap Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10%) dan Jawa Tengah (18%) dan Jawa Timur (6%).

Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai diatas 60%, Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik.

“Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat,” imbuhnya.

Teknologi switch over ini menurut Agus juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

“Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60% persen selama periode lebaran dan kondisi network juga tidak ada Incident Critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...