Kamis, April 25, 2024

5 Tips Berselancar Internet dengan Aman tanpa Khawatir!

Techbiz.id – Dewasa ini mengakses internet memang menjadi bagian dari keseharian. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda, kegiatan belajar hingga kerja dilakukan secara virtual.

Dengan demikian, tiada hari tanpa mengakses internet. Namun semakin sering mengakses internet, semakin tinggi resiko bahaya yang dihadapi.

Terutama jika mengakses internet dengan membuka laman website tertentu yang bel terjamin keamanannya. Tak perlu khawatir, ada tips yang bisa kamu ikuti agar tetap berselancar di internet dengan aman tanpa rasa khawatir dari TikTok:

1. Berselancar dengan bijak

Hati-hati saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih amannya.

2. Jaga privasi

Menjaga privasi saat mengakses internet sangatlah penting. Untuk itu disarankan agar tidak sembarangan mengisi data diri dalam laman website yang tidak dikenal.

3. Awas terpancing

Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal.

4. Jangan tinggalkan jejak

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman.

5. Mainkan, tonton, dan pelajari bersama

Unduh aplikasi, tonton video, mainkan game, dan tetap terhubung bersama keluarga. Selain dapat menghadirkan momen kekeluargaan, cara ini juga dapat melindungi dari tindak kejahatan siber.

Sebagai informasi, bekerja sama dengan Global Cyber Alliance (GCA), TikTok juga mengembangkan panduan untuk keluarga.

Baca juga:

Dengan lebih dari 100 mitra di seluruh dunia, GCA sejalan dengan TikTok untuk keamanan siber dan privasi, bekerja untuk memberikan solusi keamanan siber yang cocok untuk semua orang.

Panduan langkah demi langkah yang gratis ini akan membantu individu dan keluarga untuk menanamkan kebiasaan keamanan siber yang kuat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...