Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaDevicesAcer Nitro 5: Gaming Makin Gahar dengan Prosesor Intel Generasi ke-12

Acer Nitro 5: Gaming Makin Gahar dengan Prosesor Intel Generasi ke-12

Must Read

Techbiz.id – Laptop gaming terbaru dari Acer, yakni Nitro 5. Laptop gaming ini dimotori oleh prosesor yang juga baru yaitu 12th generation Intel Core processors kembali menyapa meja redaksi Techbiz Indonesia.

Acer Nitro 5 ini masih dengan kemampuan yang sama dan ditujukan bagi pengguna yang menginginkan mesin gaming portable yang andal untuk memainkan berbagai game terkini, baik secara kasual hingga kompetitif.

Selain memiliki dapur pacu yang mumpuni, laptop gaming ini turut dilengkapi dengan teknologi pendingin unggul, tampilan refresh rate tinggi dan beragam fitur untuk meningkatkan kinerjanya. Jadi langsung saja kita masuk ke sesi pembahasan di artikel review Acer Nitro 5 berikut ini.

Performa Andal

Kita bahas laptop ini dari sisi performanya terlebih dahulu, salah satu bagian yang menurut kami jadi keunggulan dari Acer Nitro 5. Sebagaimana sudah kami bahas di paragraf pembuka, laptop ini dimotori oleh 12th generation Intel® Core™ i7-12700H processors.

Intel Core i7-12700H processors ini memiliki hingga 14 cores (6P-Core + 8E Core) dan 20 threads. Arsitektur hybrid baru yang dimiliki prosesor ini dapat menyesuaikan core sesuai dengan beban, sehingga tugas yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu sesi bermain Anda.

P-cores yang memiliki frekuensi tinggi dikolaborasikan dengan E-cores mampu melakukan berbagai task secara paralel dengan FPS yang meningkat hingga 84% , meski melakukan gaming, streaming, dan recording secara bersamaan.

Peningkatan pada performa multi-thread, performa P-core yang responsif, dan kemampuan untuk mentransfer data dengan kecepatan luar biasa melalui dukungan memori penyimpanan berjenis DDR5.

Demi mendukung dan memberikan pengalaman gaming maksimal, prosesor terbaru ini memiliki tool overclocking, termasuk kemampuan untuk melakukan overclock pada Efficient-core dan memori DDR5.

Jika menggunakan laptop ini, Anda bisa menikmati fitur overclocking platform baru ini sebagai bagian dari Intel® Extreme Tuning Utility (XTU) 7.5 terbaru. XTU juga akan mendukung overclocking prosesor 12th Gen yang unlock dengan satu klik melalui Intel Speed Optimizer.

Selanjutnya, Intel® memperkenalkan Intel® Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 terbaru yang sudah mendukung DDR5, sehingga menawarkan profil tambahan, termasuk profil kustom baru yang rewritable dan tuning yang fleksibel untuk melakukan overclocking pada memori.

Untuk Anda yang suka bermain game online, pengalaman gaming juga ditingkatkan melalui dukungan Intel® Killer™ Wi-Fi 6 yang menghasilkan penurunan latensi hingga 75% saat bermain game ketika multitasking.

Acer Nitro 5 memiliki dukungan Intel® Killer E2600 Ethernet Controller, Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, dan Control Center 2.0. Dengan dukungan fitur-fitur ini, Anda mendapatkan latensi rendah dan koneksi mumpuni untuk bermain game online.

Kinerja 12th generation Intel® Core™ i7-12700H processors dipadukan dengan kartu grafis GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti. Kemampuan kartu grafisnya untuk menyajikan gambar dengan kualitas dan detail yang tinggi tentunya tidak perlu lagi dipertanyakan.

Kartu grafis ini juga sudah mendukung fitur ray-tracing yang membuat pengalaman bermain game jadi lebih realistis. Salah satu game terbaru, Far Cry 6 bisa kami mainkan dengan sangat lancar di laptop ini. Tentunya karena keterbatasan waktu, tidak banyak game yang bisa kami coba di laptop ini.

Laptop gaming ini menawarkan kecepatan tertinggi dan penyimpanan besar dengan dua slot untuk penyimpanan SSD GEN 4 M.2 PCIe hingga 2 TB dan RAM DDR4 3200 hingga 32GB.

Namanya laptop gaming, pastinya memiliki performa tinggi yang berpotensi membuat suhu dari komponen laptop akan meningkat. Maka dari itu laptop ini sudah didesain dengan sasis baru yang memungkinkan ditanamkannya kipas ganda dan saluran udara di bagian atas dan bawah, serta desain port quad exhaust.

Menurut Acer, sistem pendingin ini memiliki hingga 25% aliran udara yang lebih baik. Teknologi pendingin ini membuat laptop bisa tetap digunakan dengan kinerja tinggi, tetapi tetap memberikan performa yang stabil.

Desain Terbaru

Acer Nitro 5 memiliki bodi berwarna hitam. Kesan gamingnya jelas makin terasa melalui keyboard yang memiliki lampu RGB 4 zona. Tampilan warna lampu RGB ini juga bisa diatur sesuai selera Anda melalui aplikasi NitroSense.

Di bagian keyboardnya ini, Acer memberikan sentuhan khusus pada tombol WASD dan panah yang biasanya memang sering digunakan saat gaming. Sentuhan berbeda ini diberikan agar tombol-tombol tersebut tampak berbeda dari yang lainnya dan membuatnya lebih mudah diakses oleh jari serta mata saat bermain game.

Pada sisi-sisinya, tersemat berbagai dukungan konektor, mulai dari HDMI 2.1, port USB Type C yang mendukung Intel® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 1, port USB 3.2 gen 2, jack audio dan port RJ-45.

Salah satu bagian yang kami suka adalah desain dari layar Acer Nitro 5. Meski masuk sebagai kategori laptop gaming, kami merasa layarnya yang memiliki desain bezel tipis jadi membuatnya tampak lebih elegan.

Soal fitur layarnya tentu sudah pasti bisa diandalkan. Layar IPS berukuran 15,6 inci ini memiliki resolusi Full HD. Refresh rate-nya saja tinggi, mencapai 165 Hz membuat transisi gambar saat bermain game terlihat sangat halus. Ditambah lagi adanya response time 3ms yang menurunkan efek ghosting.

Refresh rate dan response time ini jelas sangat mendukung kegiatan bermain game. Apalagi di game yang memang membutuhkan respon cepat dan game-game kompetitif. Jadi bagi Anda yang sering bermain game kompetitif, laptop ini jelas sangat bisa diandalkan.

Laptop ini memiliki dua speaker yang sudah didukung fitur DTS: X Ultra. Fitur ini membuat suara jadi lebih jernih, bahkan bisa disajikan dalam bentuk 3D spatial soundscape. Saat kami coba untuk bermain game, mendengarkan musik, hingga menonton film, speaker mampu menyemburkan suara yang terdengar begitu nyaman di telinga.

Nitro 5 generasi terbaru ini sudah menjalankan sistem operasi Windows 11. Acer turut menyertakan bonus tambahan berupa aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa digunakan sepuasnya.

Kesimpulan

Berkat dukungan 12th generation Intel® Core™ i7-12700H processors, Acer Nitro 5 ini bisa Anda andalkan untuk memuaskan hasrat bermain game Anda. Game-game terkini jelas bisa dimainkan dengan lancar.

Performa 12th generation Intel® Core™ i7-12700H processors juga makin maksimal berkat adanya dukungan dari kartu grafis NVIDIA® GeForce® RTX 3070 Ti dan sistem pendingin mumpuni agar Anda bisa berlama-lama bermain game dengan performa stabil.

Kami rasa, laptop gaming ini sesuai bagi Anda pengguna yang merupakan gamers kasual atau gamers kompetitif sekalipun.

Terkait

Artikel Terkait

Sambut Kemerdekaan, IM3 Tawarkan Kuota 100GB

Techbiz.id - Menyambut hari kemerdekaan Indonesia, IM3 kembali menghadirkan kampanye terbarunya, Menjadi Indonesia dengan menawarkan paket Freedom Internet kuota...