Kamis, April 25, 2024

Kenalan Lebih Dekat dengan Laptop ROG Zephyrus Duo 16

Powerful untuk Semua Aktivitas

ROG Zephyrus Duo 16 telah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. Kombinasi keduanya memberikan ROG Zephyrus Duo 16 performa powerful untuk semua aktivitas, mulai dari AAA gaming, game streaming, hingga content creation.

Tidak hanya itu, ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan memori DDR5 4800MHz yang kapasitasnya dapat di-upgrade hingga 64GB serta penyimpanan PCIe 4.0 SSD yang dapat dikonfigurasikan pada mode RAID untuk performa lebih kencang. Semua itu dihadirkan di dalam bodi laptop yang lebih ringkas dibandingkan dengan seri ROG Zephyrus Duo tahun lalu.

Dibekali dengan hardware yang powerful, ROG Zephyrus Duo 16 tentu membutuhkan sistem pendingin terbaik. Sejak tahun lalu, seri ROG Zephyrus Duo telah dibekali dengan liquid metal sebagai thermal compound agar panas dapat dilepaskan secara lebih optimal.

Di tahun 2022 kali ini ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal yang memiliki tingkat hantaran panas hingga 17 kali lebih tinggi ketimbang thermal paste standar. Penggunaan liquid metal khusus tersebut memungkinkan ROG Zephyrus Duo 16 dapat beroperasi di suhu hingga 15ᵒC lebih rendah.

Tidak hanya itu, berkat penggunaan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal ROG Zephyrus Duo 16 dapat beroperasi dengan mode boost yang lebih lama. Penggunaan liquid metal khusus tersebut juga meningkatkan TGP chip grafis GeForce RTX 3080Ti yang terpasang di ROG Zephyrus Duo 16 secara signifikan, yaitu hingga 165W, jauh melampaui standar TGP laptop pendahulunya.

Terlebih lagi, liquid metal tidak akan kering seperti thermal paste standar sehingga gamer tidak perlu khawatir performanya akan turun dalam jangka waktu yang panjang.

ROG Zephyrus Duo 16 kini juga dibekali dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...