Selasa, November 29, 2022

Review Infinix Note 12: Unggul di Banyak Sektor

Techbiz.id – Infinix kembali menghadirkan smartphone terbarunya di jajaran keluarga Note series lewat perangkat Note 12 yang merupakan versi upgrade dari pendahulunya Note 11 series.

Di perangkat Note 12 ini Infinix menurut saya benar-benar ingin mencoba mengganggu pasar dengan menghadirkan spesifikasi yang melebihi segmennya.

Seri baru ini Infinix menggabungkan material yang tahan lama dan ringan. Infinix menyebut Note 12 ini sebagai smartphone multi-tasking yang dibutuhkan pengguna.

Seperti apa review dari Infinix Note 12 ini, langsung saja disimak artikelnya:

Review Infinix Note 12

Desain

Infinix menciptakan desain perangkatnya dengan bentuk yang ramping. Bentuknya agak sedikt retro dengan patahan sudut yang sangat kentara.

Dengan memasangkan tampilan yang imersif Smartphone ini menciptakan perpaduan sempurna antara gaya yang ideal untuk skenario apa pun.

Modul kameranya juga berbeda dengan kebanyakan smartphone lain dengan adanya penampang kotak yang melindungi kameranya.

Secara keseluruhan desain bentk dan warnanya enurut saya cukup membuat ponsel ini terlihat elegan.

Untuk tombol fungsionalnya, Infinix hanya menempatkannya pada sisi kanan dimana terdapat tombol volume rocker dan tombol power yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Di bagian bawah ada port port USB-C, audio jack 3,5mm dan grill speaker. Slot Dual SIM sekaligus MicroSD terdapat di sisi kanan.

Untuk layarnya, Infinix Note 12 ini menggunakan layar FHD True Color AMOLED berukuran 6,7 inci. Jenis layar ini layar mampu memberikan kualitas gambar yang jelas dan memberikan respons gerakan yang cepat.

Buat para gamer yang membutuhkan respons lebih halus di ujung jari mereka, layar ini sangat cocok dgunakan.

Visualnya menawarkan warna dan kontras yang lebih realistis, berkat gamut warna DCI-P3 100% dari smartphone, rasio kontras 100.000:1.

Dengan spesifikasi layar tersebut, nonton streaming video film-film favorit tentu menjadi sangat nyaman.

Performa Maksimal

Infinix menyematkan prosesor gaming dari Mediatek yakni Helio G96 pada perangkatnya untuk mendukung kegiatan multitasking seperti yang sudah disebutkan di awal.

Chipset ini memiliki octa-core 64-bit yang menggabungkan dua inti prosesor Arm Cortex-A76 dan enam Arm Cortex-A55 yang kuat dengan clock hingga 2,05GHz dan GPU Arm Mali G57 yang bekerja bersama untuk memanfaatkan kecerdasan tingkat berikutnya untuk kinerja yang inovatif.

Dikombinasikan dengan GPU Arm Mali G57, chipset ini memungkinkan smartphone memanfaatkan kecerdasan tingkat berikutnya untuk kinerja yang luar biasa.

Mendampingi prosesor Helio G96, smartphone ini dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kapasitas RAM yang dihadirkan tersebut cukup besar di kelasnya mengingat pesaingnya hanya menyematkan RAM 4GB saja.

Dengan chipset MediaTek, NOTE 12 mencapai skor 344.936 pada tes Antutu V9, yang lebih tinggi dari smartphone lain di kisaran harga yang sama yang menggunakan Snapdragon 680 4G.

Untuk pengguna yang membutuhkan perangkat yang dapat mendukung multi-tasking, NOTE 12 memperluas memori 8GB yang dimilikinya hingga menjadi 13GB dengan mengintegrasikan RAM dan ROM ke dalam perangkat, yang membuka lebih banyak memori bagi pengguna untuk menjalankan lebih banyak aplikasi.

Fitur ini membantu mempercepat waktu mulai ketika membuka aplikasi dan mengurangi lag hingga 61%.

Selain itu juga meningkatkan jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa batas dari 9 menjadi 20 aplikasi.

Kecepatan pemrosesan ponsel juga meningkat shingga mempercepat kinerja saat melakukan berbagai fungsi dan tugas.

Pengguna dapat bisa memperpanjang RAM dengan mengakses “Pengaturan”, pilih “Fungsi Khusus” > “MemFusion” dan pilih opsi untuk memperbesar RAM hingga 2GB, 3GB atau 5GB.

NOTE 12 ini juga dilengkapi dengan baterai 5000mAh dengan pengisian cepat 33W. Meskipun memiliki daya yang besar desain smartphone ini masih setipis 7,8 mm dan bobot 193 gram.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan Sistem Pendingin 10-Layer Graphene Cooling System, yang diklaim mampu menurunkan suhu inti hingga 6 derajat Celcius. Teknologi ini mendukung pengguna yang biasanya menggunakan smartphone mereka sepanjang hari atau bermain game intens seperti PUBG, sekaligus secara signifikan memperpanjang masa pakai smartphone.

Review Kamera Infinix Note 12

Untuk urusan fotografi, pengguna dapat mengambil foto yang dengan kualitas baik dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, depth 2 MP, dan AI QVGA yang disematkan Infinix di Note 12 ini.

Konfigurasi kameranya menggabungkan resolusi ultra-tinggi 8160×6120, sensor gambar 1/2.8, menghasilkan piksel 1,28μm dan lebih banyak lagi yang membantu menangkap lebih banyak cahaya, sehingga pengguna dapat menangkap lebih banyak detail dalam gambar.

Karakter pewarnaan pada hasil jepretan yang ditawarkan Infinix pada Note 12 cukup lembut dengan saturasi yang tidak berlebihan.

Mode portrait yang ditawarkannya pun menghasilkan gambar bokeh yang cukup rapih. Tapi sayangnya rtidak ada lensa lebar untuk mendukung pengamblan gambar dengan sudut yang lebih luas.

Untuk meningkatkan pengambilan gambar lebih jauh, NOTE 12 G96 menawarkan Mode Fotografi Pemandangan Malam Profesional untuk memastikan gambar yang lebih baik diambil dalam kondisi kurang cahaya.

Note 12 G96 memiliki kamera selfie 16MP dengan dual-LED flash untuk mengambil selfie yang sempurna, bahkan setelah gelap.

Untuk pergerakan real-time dan pengambilan memori, smartphone ini mampu merekam konten pada 1080 piksel dan 30fps dengan pengurangan blur untuk hasil video yang baik.

Terkait

Artikel Terkait

DANA Implementasikan QRIS TTS

Techbiz.id - Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai...