Jumat, Juli 1, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview realme GT Neo 3: Berani Diajak Ngebut

Review realme GT Neo 3: Berani Diajak Ngebut

Must Read

Techbiz.id – Di artikel review kali ini Redaksi Techbiz Indonesia berkesempatan melakukan review atas perangkat realme GT Neo 3 yang menghadirkan pengisian daya tercepat di dunia.

Seperti diketahui, di ajang Mobile World Congress 2022 Barcelona, Spanyol beberapa waktu lalu realme menghadirkan seri GT Neo 3. Kini smartphone tersebut hadir dan dipasarkan di Indonesia.

Dengan menghadirkan seri GT NEO 3, realme turut resmikan teknologi 150W UltraDart Charge ke pasar Indonesia. Pengisian daya tersebut merupakan tercepat yang ada di dunia saat ini.

Review realme GT Neo 3

Desain

Harus diakui, tampilan desain yang ditawarkan oleh realme pada perangkat GT Neo 3 ini terbilang tidak umum. realme GT Neo 3 mengusung desain Racing Stripe yang terinspirasi oleh lintasan balap.

Desain tersebut menurut realme menunjukkan keberanian dalam menantang dan mengejar sembari membangkitkan semangat “Dare to Leap” yang identik dengan sifat anak muda.

Secara keseluruhan desain perangkat realme GT Neo 3 ini masih menyerupai dengan pendahulunya realme GT Neo 2. Yang membedakan hanyalah layout modul kamera.

Bodi bagian belakangnya disebutkan diciptakan dengan teknologini Brand New AG Glass Process yang diklaim mampu mengurangi tingkat pantulan cahaya.

Selain itu, Brand New AG Glass Process menghadirkan nuansa tertutup, lembut, dan hangat serta saat disentuh, sidik jari tidak menempel.

realme GT Neo 3 juga masih mengusung tepian bodi yang melengkung dan dengan bodi tipis membuatnya nyaman di genggaman.

Hadir dengan proses pengemasan yang sama seperti iPhone, realme GT NEO 3 memperkecil lebar dagu smartphone menjadi 2,37mm, serta menghadirkan tampilan layar yang lebih baik secara keseluruhan.

realme GT Neo 3 menyediakan layar panel AMOLED 6,7 inci resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz.

Terdapat lubang kamera depan di bagian atas dan area bagian bawahnya berfungsi sebagai pemindai sidik jari atau in-display fingerprint.

Tampilan layar telah mengalami peningkatan dari 8-bit tradisional ke 10-bit, yang menghadirkan 64 jenis warna.

Penempatan tombol fungsional masih sama, dimana tombol Power berada di sisi kanan dan volume di sisi kiri bodi. Di bagian bawah ada port slot Dual SIM sekaligus MicroSD, port USB-C, dan grill speaker.

Review Performa realme GT NEO 3

Mengusung konsep desain lintasan balap, tentunya performa perangkat ini harus menopang konsep desain tersebut. Oleh karenanya realme GT Neo 3 dilengkapi dengan prosesor Mediatek Dimensity 8100 5G yang memiliki teknologi fabrikasi 5nm TSMC.

Chipset yang digunakan tidak bisa dianggap remeh karena mampu menyajikan skor benchmark tinggi di kelasnya. Bahkan ada yang menganggap chipset ini lebih baik dari kompetitornya.

Melengkapi performanya, realme menanamkan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Kapasitas RAM bisa ditingkatkan melalui virtual RAM.

Sedangkan kapasitas memori internalnya menurut kami sangat besar dan Anda bisa leluasa menyimpan berbagai aplikasi, game dan file-file lainnya.

Untuk mengakomodir kebutuhan para gamer, realme melakukan peningkatan pada GT Mode yang cukup sekali klik dapat memberikan performa terbaik dalam semua kegiatan, terutama saat bermain game

Setelah GT Mode 3.0 aktif, maka secara otomatis refresh rate dan touch sampling rate ditingkatkan sepenuhnya, sehingga menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih smooth dan responsif.

Dengan mengaktifkan GT Mode, pengguna dapat memainkan game dengan refresh rate tinggi hingga 90Hz dan 120hz, sementara jika GT Mode tidak diaktifkan, refresh rate akan dibatasi menjadi 60Hz.

Digunakan untuk bermain game, berdasarkan pengalaman saya realme GT Neo 3 bisa dengan mudah menjalakan Genshin Impact. Game ini bisa dimainkan dengan nyaman pada grafis Highest 30fps dengan sedikit terasa hangat di perangkatnya.

Berdasarkan pengukuran pada kondisi terhangat, suhu perangkat menunjukkan angka 38 derajat Celcius.

Mampu terjaganya suhu perangkat inii tidak terlepas dari fitur sistem pendingin Vapoor Cooling Stainless Steel yang punya ukuran lebih luas menyelimuti komponen realme GT NEO 3 dibandingkan seri sebelumnya, peningkatan ukurannya diklaim hingga 120,86 persen.

Baterai

Untuk menopang kinerja perangkatnya realme menyediakan baterai yang cukup besar berkapasitas 4.500mAh.

Pada realme GT NEO 3 ini realme menyediakan dua varian pengisian daya yakni 150W dan 80W, varian yang saya review ini memiliki pengisian daya 150W.

Seperti disebutkan di awal, ini merupakan pengisian daya tercepat di dunia saat ini yang bisa mengisi daya 50%, hanya dalam waktu 5 menit. Kecepatan pengisian daya tersebut berkat adanya teknologi ultradart adaptive dual-chipset.

Teknologi pengisian daya realme GT NEO 3 ini juga mampu menjaga waktu pemakaian baterai selama 80%, setelah melalui 1600 siklus pengisian dan pengosongan daya baterai.

Dalam jangka panjang, GT NEO 3 dapat secara signifikan mengurangi penurunan kapasitas baterai secara efektif dan memastikan baterai smartphone berumur panjang untuk penggunaan jangka panjang.

Kamera

Untuk kemampuan kameranya realme GT Neo 3 dilengkapi dengan sensor flagship Sony IMX766 untuk mendukung kinerja Wide-angle Triple Camera.

Tiga kamera tersebut terdiri dari Kamera Utama 50 MP,119° Ultra Wide-angle Camera dengan resolusi 8MP serta Macro Camera dengan resolusi 2MP. Konfigurasi kamera ini berbeda sedikit dengan seri GT Neo 2 yang memiliki kamera utama 64MP.

Namun demikian menurut saya hadirnya 50MP pada seri ini tidak mengurangi hasil jepretan karena adanya kombinasi Teknologi ProLight Imaging dan Sony IMX766 yang memberikan hasil foto yang jernih dan terang yang diambil dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, GT NEO 3 meningkatkan kecepatan pengambilan gambar dengan mode malam sebesar 71,4% dibandingkan generasi sebelumnya.

Melalui Nightscape Accelerator yang dikembangkan sendiri, tim teknisi realme memodifikasi arsitektur gambar dan secara signifikan mempersingkat waktu pemotretan dalam night mode atau mode malam.

Night mode sebelumnya membutuhkan waktu 2-4 detik untuk menangkap objek foto. Dengan mode malam terbaru ini hanya membutuhkan 0,8 detik untuk mengabadikan gambar.

Mode Street Photography masih terssemat pada kemampuan kamera realme GT NEO 3. Mode ini mendukung pengambilan gambar yang cepat, intelligent focusing, humanistic filter, dan perekaman story hanya dengan sekali klik.

Fitur Lain

realme GT NEO 3 ini diklaim menjadi Smartphone dengan material non-logam pertama di dunia dengan teknologi antena NFC

Dibandingkan dengan smartphone NFC tradisional, sensor pendeteksi meningkat 5 kali lipat untuk mewujudkan pendeteksi 360 derajat di bagian atas smartphone.

Kesimpulan penggunaan

Memakai smartphone ini pastinya tidak perlu khawatir kehabisan daya untuk digunakan seharian. Performanya yang sangat baik dan juga kualitas kameranya, menurut saya smartphone ini sangat bisa diandalkan.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Daftar HP 1 Jutaan Terbaik 2022 Terbaru Bulan Juli

Techbiz.id - HP 1 jutaan terbaik di tahun 2022 saat ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Berbagai tipe dan...