Kamis, Februari 9, 2023

Setahun Berjalan, Kecepatan 5G di Indonesia Meningkat

“Sementara kecepatan unduh sering mendapat perhatian lebih, kecepatan unggah menjadi aspek yang semakin penting dari pengalaman jaringan seluler karena perubahan pola penggunaan dan kebiasaan konsumsi.” ungkap Opensignal

Lebih lanjut disampaikan, kecepatan unggah memengaruhi seberapa cepat dan nyaman pengguna seluler dapat berbagi file besar, seperti foto atau video, melalui layanan media sosial atau sebagai lampiran email saat bepergian.

Selanjutnya, dengan smartphone sebagai layar utama dan internet nirkabel sebagai mode pilihan untuk mengakses konten online, streaming video Indonesia pada platform global dan lokal telah berkembang di seluruh negeri. Ini berarti operator Indonesia berada di posisi utama untuk menyediakan layanan streaming video berkualitas kepada konsumen.

“Melihat pengalaman pengguna ponsel cerdas kami saat streaming video melalui koneksi seluler, kami menemukan bahwa pengguna menikmati Pengalaman Video Sangat Bagus (65-75) saat terhubung ke 5G, bukan Pengalaman Video Biasa (40-55) yang terlihat saat terhubung ke 4G. Sebaliknya, dengan 3G mereka memiliki Pengalaman Video yang Buruk (di bawah 40).” tuturnya.

Kecepatan 5G Indonesia

Dengan demikian, hasil Opensignal menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia menikmati Pengalaman Video terbaik di 5G. Hal ini juga berlaku bagi pengalaman bermain game multipemain.

Analisis Opensignal tentang game multipemain seluler menunjukkan bahwa pengguna smartphone Indonesia melihat Pengalaman Game yang Baik (75-85) saat terhubung ke 5G. Berbeda dengan Pengalaman Game yang Cukup (65-75) saat terhubung ke 4G, dan memburuk menjadi Sangat Buruk (di bawah 40) saat terhubung ke 3G.

Baca juga: Perkembangan 5G Indonesia Masih Terganjal Spektrum

Adapun skor yang didapat saat menggunakan 5G adalah 15,8 poin lebih tinggi dari 4G. Sementara itu, perbedaan antara Pengalaman Game 3G dan 4G sangat mencolok, dengan skor yang dipisahkan hampir 30 poin.

“Temuan ini membuktikan bahwa 5G memberikan pengalaman jaringan seluler yang ditingkatkan secara signifikan di Indonesia dibandingkan dengan layanan 4G atau 3G yang lebih lama dan matang untuk kecepatan unduh dan unggah, streaming video, dan game multipemain.” jelas Opensignal

Namun, peningkatan ini, dikatakan Opensignal, baru permulaan karena 5G Indonesia masih berada di awal eranya.

Adapun saat ini, regulator Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertujuan untuk mencapai penyebaran jaringan 5G yang merata di negara ini pada tahun 2025, lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan untuk 4G.

Selama bertahun-tahun Indonesia telah melihat peningkatan besar dalam teknologi 4G, dan seiring perkembangannya dengan 5G, Opensignal akan terus memantau bagaimana pengalaman dunia nyata 5G berkembang di negara ini.

Terkait

Artikel Terkait

Xiaomi Civi 2 Edisi Hello Kitty Segera Meluncur, Selucu Apa Wujudnya?

Techbiz.id – Pada September 2022 lalu, Xiaomi memperkenalkan Civi 2 dengan kamera selfie sebagai jagoannya. Terdapat dua kamera depan...