Jumat, April 26, 2024

Telkomsel Perkuat Ekosistem Digital BNI

Techbiz.id – Telkomsel terus memperkuat ekosistem digital di sektor perbankan melalui inisiatif kerja sama pemanfaatan solusi digital dalam mendukung BNI Go Global.

Kolaborasi bersama ini melibatkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT M Cash Integrasi Tbk(MCAS Group).

Menurut Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, kolaborasi bersama BNI dan MCAS Group sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler dalam menghadirkan solusi digital inovatif di berbagai sektor termasuk perbankan yang lebih berdampak pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel akan senantiasa mengoptimalkan seluruh aset ekosistem digital yang dimiliki dalam menghadirkan berbagai solusi digital yang dibutuhkan untuk mengakselerasi transformasi digital BNI guna menjadi salah satu Bank BUMN yang go global,” ucap Hendri.

Sementara itu Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, BNI terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan Nasabah khususnya dalam transaksi finansial.

“BNI akan terus melakukan kolaborasi strategis bersama mitra bisnis dalam wujud upaya akselerasi transformasi digital serta pencapaian bisnis bagi BNI dan mitra bisnis,” kata Royke.

Baca juga:

Dengan kapabilitas infrastruktur digital yang dikembangkan dan didukung oleh tim IT yang kuat, ke depannya MCAS seperti disampaikan Direktur Utamanya, Martin Suharlie akan terus melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan sinergi yang semakin handal dengan banyak pihak.

“Melalui kerja sama ini, BNI dan Telkomsel akan semakin tangguh dan terintegrasi dengan dukungan MCAS Group sebagai sebagai penyedia sistem distribusi digital yang memastikan pendistribusian cross-products & services antara BNI dan Telkomsel dapat berjalan dengan lancar, salah satunya adalah penjualan kartu perdana Telkomsel oleh Agen46 BNI,” jelas Martin.

Selain itu, MCAS Group juga memberdayakan ekosistem digitalnya untuk bersinergi dengan BNI melalui kerjasama sharing biller, layanan drop point logistik melalui Agen46 BNI, utilisasi IP Bumi Langit pada kartu uang elektronik TapCash dan kedepannya membuka aksesbilitas Sistem Ganti Baterai EV Volta yang berkelanjutan.

Dalam kolaborasi ini, Telkomsel akan memperkuat kapabilitas Bank BNI khususnya mencakup di bidang account management business, banking and financial account management, dan corporate account management.

Telkomsel juga akan mengoptimalkan ekosistem dan layanan Telkomsel Enterprise untuk membantu BNI mengakselerasi transformasi digital dalam proses customer on-boarding, in-app customer engagement, modernisasi transaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data. 

Selain itu, tujuan kolaborasi ini tak terbatas hanya pada peningkatan ekosistem digital BNI, melainkan juga Telkomsel dan MCAS Group.

Untuk tahap awal kolaborasi, ketiga perusahaan akan fokus dalam meningkatkan solusi perusahaan digital melalui peningkatan project yang sedang berjalan dan mengoptimalkan berbagai peluang pengembangan terbarukan.

Adapun beberapa kolaborasi Telkomsel yang sudah dan sedang berjalan bersama BNI saat ini meliputi solusi layanan Mobile EDC & EDC Android, konektivitas BNI Agen46, dan Compact Enterprise.

Kemudian untuk berbagai peluang baru yang akan dioptimalkan di antaranya Direct Peering, Fraud Prevention (SIM Swap dan SIM Recycle), Customer Engagement Platform (CEP) Solution, Video API, Header Enrichment, Network Prioritization (GBR), Omni Channel dan Digital Games partnership.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...