Kamis, Desember 8, 2022

Males Ribet, Konsumen Indonesia Butuh Paket Data Tanpa “Drama”

Techbiz.id – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan internet, pengguna seluler membutuhkan paket data tanpa batasan (Unlimited) dengan kuota yang besar untuk menunjang aktivitasnya.

Berdasarkan laporan Opensignal, kebutuhan kuota data masyarakat Indonesia meningkat cukup sgnifikan pada tahun 2021 akibat ketergantungan masyarakat dengan koneksi internet, terlebih di masa pandemi.

Dalam laporan yang berjudul “Quantifying the Impact of 5G and Covid-19 on Mobile Data Consumption”, diketahui bahwa orang Indonesia menghabiskan rata-rata kuota internet seluler sebesar 14,4 GB per bulan selama kuartal-I 2021 (periode Januari-Maret).

Penggunaan data seluler tersebut meningkat cukup signifikan apabila dibandingkan dengan periode yang sama di dua tahun sebelumnya, yaitu 11,8 GB per bulan untuk kuartal-I 2020 dan 8,5 GB per bulan untuk kuartal-I 2019.

Dari jumlah tersebut konsumen prabayar masih mendominasi pasar layanan seluler di Indonesia. Oleh karenanya, sangat mudah bagi pengguna untuk beralih dari satu ke operator lainnya, jika merasa tidak puas dengan layanan salah satu operator seluler.

Analisis Opensignal juga menemukan, setidaknya, sepertiga pengguna mobile yang beralih operator (Leavers) adalah mereka yang mengkonsumsi kuota data tinggi, yakni di atas 500Mbps per hari.

Direktur Utama Smartfren, Merza Fachys, mengamini laporan dari Opensignal tersebut. Menurutnya saat ini masyarakat memang membutuhkan kuota data yang besar untuk menunjang aktivitasnya.

Baca juga:

“Kebutuhan kuota data terus meningkat dan mereka baru sadar ketika ada pemberitahuan kalau sisa kuota datanya tinggal sedikit. Itu artinya kebutuhan dia makin bertambah,” kata Merza

Selain itu menurut Merza masyarakat biasanya saat membeli paket data tidak mau direpotkan kuota yang dibelinya bisa dipakai untuk apa saja. Mereka membutuhkan paket data yang bisa digunakan untuk semua kebutuhannya dalam berinternet.

Senada dengan hal tersebut, Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra menyampaikan bahwa, konsumen Indonesia tidak menyukai paket data dengan pembagian serta banyaknya syarat dan ketentuan yang berlaku.

Konsumen seluler disampaikan Roberto ingin kuota besar tetapi tidak mau ribet dengan adanya syarat dan ketentuan penggunaan kuota data dan juga pembagian kuotanya.

“Karena itu Smartfren memiliki paket Unlimited dengan manfaat double FUP yang pastinya akan memberikan pengalaman koneksi internet untuk menjadi teman terbaik bagi mereka yang ingin internetan jadi no drama no ribet,” ucapnya.

Manfaat double FUP tersebut mulai dari paket Smartfren Unlimited Harian Rp80.000 (1 GB per hari plus bonus double FUP 1 GB per hari) dan Rp100.000. (1,5 GB per hari plus bonus double FUP 1,5 GB per hari).

Internetan jadi makin bebas khawatir dan no ribet, karena paket ini berlaku 24 jam, bisa dipakai di semua aplikasi tanpa syarat, dan bisa dipakai dari lokasi mana pun. 

Selain itu pelanggan juga punya banyak pilihan Unlimited Harian lain yang berlaku 24 jam dan bisa dipakai untuk semua aplikasi, yaitu mulai dari Unlimited Harian Rp22.500 yang berlaku 7 hari, Rp40.000 untuk 14 hari dan Unlimited Harian Rp60.000 yang berlaku 28 hari.

Baca juga: Paket Unlimited Terbaru Smartfren Ngga Pake Ribet

Pelanggan juga dapat mengumpulkan SmartPoin setiap kali membeli paket internet. SmartPoin yang didapat bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah, mulai dari makanan atau minuman, items dalam game FreeFire atau Mobile Legends, ditukar jadi paket data atau hadiah menarik lainnya.

“Tidak usah ragu, langsung saja pakai Smartfren Unlimited Harian dengan harga sama dengan bonus double FUP yang bisa bikin internetan makin double fun, double happiness. Dapatkan akses internet Unlimited yang bebas dipakai mengakses aplikasi apapun yang kamu inginkan. No drama, no ribet,” tegas Roberto.

Paket Unlimited Nonstop 24 Jam Smartfren

Smartfren disampaikan Roberto juga mempunyai paket Unlimited Nonstop terbaru untuk akses aplikasi apapun selama 24 jam, serta mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis.

Akses nonstop didapat secara otomatis setelah kuota utama habis. Keunggulan akses ini, pengguna akan tetap bisa mengakses aplikasi kebutuhan sehari-hari seperti biasa. Mulai dari aplikasi pesan instan, aplikasi pembayaran, belanja, hingga transportasi online.

Paket baru ini diharapkan menjadi pilihan terbaik untuk pelanggan yang sangat aktif menggunakan internet, baik untuk upload konten video ukuran besar ke media sosial, streaming serial K-Drama seharian, atau meeting dan belajar jarak jauh memakai Zoom.

Smartfren Unlimited Nonstop tersedia dalam bentuk kartu perdana dan voucer data berbagai pilihan. Mulai dari Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp10.000 dengan masa aktif 10 hari, Unlimited Nonstop 3 GB seharga Rp15.000 dengan masa aktif 14 hari, Unlimited Nonstop 6 GB seharga Rp30.000 dengan masa aktif 30 hari.

Tersedia juga Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000 dengan masa aktif 30 hari, dan Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000 dengan masa aktif 30 hari.

Selain itu, seluruh pilihan tersebut sudah termasuk dengan gratis telepon ke seluruh nomor Smartfren. Khusus Unlimited Nonstop 3 GB dan 6 GB, pelanggan akan mendapatkan bonus kuota lokal hingga 4 GB.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...