Kamis, Desember 8, 2022

Multipolar Kenalkan Dua Solusi untuk Percepat Proses Bisnis

Techbiz.id – Multipolar Technology mengembangkan dua solusi untuk percepat proses bisnis, yaitu EIMS dan MailApp, yang diklaim berjalan sangat baik di Google Cloud Platform.

Seperti diketahui, bagi perusahaan telekomunikasi maupun perbankan, biasanya harus memikirkan, mulai dari perizinan, pendirian, penggantian, pemeliharaan, atau perekaman data terkait BTS dan ATM-nya.

Masalahnya, saat ini masih banyak tugas yang dilakukan secara manual atau silo, sehingga prosesnya tidak bisa cepat dan datanya kurang akurat. Demikian halnya dalam surat-menyurat, masih banyak perusahaan yang menggunakan nota manual.

Hal ini membuat prosesnya menjadi lambat atau malah terhambat di era new normal ini karena sangat bergantung pada manusia dan peredaran hard copy yang rentan terjadinya human error dan kebocoran data.

EIMS (Equipment Information Management System) merupakan solusi yang dikembangkan oleh Multipolar Technology untuk mempermudah pengelolaan pemeliharaan perangkat atau aset bisnis perusahaan yang tersebar di ratusan, bahkan ribuan lokasi, sehingga terbangun database terpusat yang rinci dan akurat.

Aset yang dimaksud bukan hanya sebatas perangkat bantu kerja, melainkan aset usaha non-fisik yang juga harus dikelola dan dipelihara, seperti izin operasi, sertifikasi perangkat, aset bergerak dan tidak bergerak, hak atas properti dan perangkat (milik/sewa/pakai), peralatan kantor, aset yang berhubungan dengan layanan pelanggan (termasuk self-service), maupun perangkat TI.

Baca juga:

“EIMS menjadi solusi end-to-end yang mampu mengatasi persoalan tersebut. EIMS mengintegrasikan, mulai dari pendataan perangkat atau aset bisnis hingga pemeliharaannya,” ungkap Division Head Project Management Office Multipolar Technology, Erlina.

Automasi menggunakan solusi EIMS mampu mempercepat proses bisnis, meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko downtime, juga menghindari keterlambatan perpanjangan perizinan, kontrak, jadwal pemeliharaan perangkat yang dapat mengganggu operasional bisnis dan mengakibatkan kerugian finansial atau reputasi perusahaan, serta menghindari konsekuensi hukum atau penalti.

Erlina menyebutkan bahwa solusi EIMS memiliki sejumlah modul meliputi Plan and Analysis, Site Management, Implementation Management, Maintenance, Asset Record, Reporting, dan System Setting. Selain melalui web, EIMS juga dapat diakses secara mobile sehingga mempermudah proses kerja di kantor-kantor cabang dan di lapangan.

Sementara itu, MailApp sebagai aplikasi pengelolaan persuratan atau dokumen, termasuk surat masuk, surat keluar, surat disposisi, surat kontrak dan sebagainya, dapat mempermudah dan mempercepat proses penyampaian informasi penting guna mendukung operasional bisnis sehari-hari.

“Dengan pengarsipan terpusat yang terautomasi, aktivitas penyusunan atau pengeditan dengan format standar, pemeriksaan hingga persetujuan surat atau dokumen dengan digital signature, termasuk proses pelacakan dan distribusinya, semua dapat dilakukan dengan sangat cepat dan mudah sekalipun jumlahnya ribuan per bulan,” ungkap Erlina.

Solusi tersebut juga memberikan fleksibilitas lebih dengan akses dari mana pun dan kapan pun karena bersifat paperless serta didukung aplikasi mobile. MailApp dilengkapi fungsi dashboard dan Service Level Agreement untuk pemrosesan surat atau dokumen yang memiliki tenggat waktu.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...