Jumat, April 26, 2024

Perjalanan Kamera OPPO Reno Series Dari Waktu ke Waktu Hingga Lahirnya Chipset MariSilicon X

OPPO Reno4

OPPO merilis keluarga Reno4 ke Indonesia pada pertengahan kuartal-III 2020. Sebuah perangkat yang masih membawa keunggulan pada sektor kameranya.

Sederet fitur andalan dibawa OPPO demi menjadikan Reno4 sebagai smartphone dengan kamera portrait terbaik.

Key feature:

  • AI Color Portrait
  • Night Flare Portrait
  • Ultra Night Mode

Pada saat itu, era kamera portrait sudah dimulai. Reno4 memiliki dual kamera depan yang beresolusi 32MP dan sensor AON Smart Sensor. Sementara bagian belakangnya memiliki kamera 48MP utama dengan sensor Sony IMX586, 8MP ultra-wide, 2MP makro, dan 2MP monochrome.

Fitur AI Color Portrait yang hadir pada Reno4 dapat menghasilkan warna objek yang berbeda dengan latar belakangnya. Selain itu, fitur khas andalan Reno4 ini juga bisa memberikan efek monochrome pada background. Sehingga warna objek menjadi lebih dominan dan fokus dibanding warna latar belakangnya.

Reno4 dibekali chipset Snapdragon 720G dengan paduan RAM 8GB dan ROM 128GB. Layarnya seluas 6.4 inci berbasis panel OLED dan resolusi 2400×1080 piksel.

OPPO Reno5

Jarak rilis antara OPPO Reno4 dan Reno5 terbilang cukup jauh, yaitu sekitar 5 bulan. Reno5 hadir pada Januari 2021 yang berfokus pada sektor videografi.

Pada bagian dapur, OPPO menyematkan Snapdragon 720G, RAM 8GB, dan penyimpanan interna 128GB. Layarnya memiliki luas 6.4 inci AMOLED dengan resolusi Full HD+. Fitur layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

Key feature:

  • AI Mixed Portrait
  • AI Highlight Video
  • Dual-view Video

Quad-camera menjadi andalan untuk sektor fotografi Reno5. Komposisinya ialah 64MP utama, ultra-wide 8MP, makro 2MP, dan mono 2MP. Sementara bagian kamera selfie tersemat sensor beresolusi 44MP.

Fitur andalannya adalah AI Highlight Video yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video. Sementara, hadir juga AI Mixed Portrait yang dapat menggabungkan video potret dan latar belakang sehingga menciptakan efek video eksposure ganda.

OPPO Reno6

Meski pada saat itu masih dalam situasi pandemi, OPPO tidak berhenti untuk terus menghadirkan perangkat terbaiknya. Pada Juli 2021, OPPO Reno6 secara resmi diumumkan untuk pasar Indonesia.

Memiliki layar AMOLED berbentang 6.4 inci, OPPO Reno6 menjanjikan pengalaman visual yang menakjubkan. Didukung juga dengan spesifikasi andal dengan Snapdragon 720G dan RAM 8GB.

Key feature:

  • Bokeh Flare Portrait
  • Portrait Beatification Video
  • AI Pallete

Konfigurasi kamera belakang perangkat ini membawa 64MP utama, wide 8MP, makro 2MP, dan mono 2MP. Kamera selfie-nya memiliki resolusi 44MP.

OPPO masih menjadikan videografi portrait sebagai fitur andalannya. Disini, pengguna akan mendapatkan fitur efek video sinematik Bokeh flare, video portrait dengan AI highlight video, dan lain-lain.

OPPO Reno7

Ini merupakan seri terbaru dari keluarga OPPO Reno. Baru saja diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret 2022 lalu. Perangkat ini membawa sektor fotografi sebagai andalannya.

Di bagian depan, Reno7 5G membawa layar besar 6.4 inchi AMOLED dengan refresh rate 90hz. Selain itu, OPPO Reno7 5G juga didukung RAM 8GB dengan fitur ekspansi hingga 5GB.

Key feature:

  • Ultra Sensing Selfie
  • Selfie HDR
  • Portrait Retouching

Sektor kamera OPPO Reno7 5G membawa iga kamera dengan komposisi kamera utama 64MP, Kamara ultrawide 8MP dan kamera makro 2MP. Sementara itu, terdapat fitur andalan seperti Bokeh Flare Portrait, Portrait Retouching, hingga AI Color Portrait dan AI highlight video.

OPPO Reno8 Series akan Menyapa Indonesia dengan chip MariSilicon X

OPPO Reno 8 indonesia

Tidak berhenti di Reno7 Series, OPPO akan kembali menghadirkan perangkat anyar di Indonesia yaitu OPPO Reno8 Series. Kabarnya, perangkat yang membawa chip MariSilicon X ini akan rilis dalam waktu dekat.

MariSilicon X terinspirasi dari palung mariana, yang berarti eksplorasi tanpa batas. Dalam hal ini, OPPO ingin terus mengembangkan teknologi terbaru untuk menciptakan suatu perangkat yang memiliki nilai lebih ke konsumen.

Chip besutannya memiliki kemampuan tersendiri dalam pencitraan gambar. MariSilicon X juga dapat menghadirkan kualitas foto terbaik pada smartphone dengan dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range.

Pada dasarnya, MariSilicon X adalah sebuah Neural Processing Unit (NPU) dibuat untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi AI.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...