Minggu, November 27, 2022

Penggunaan USB Tipe-C dan Dual-Connector Banyak Disukai di Indonesia

Techbiz.id – Berdasarkan studi mengenai preferensi, penggunaan, dan tren terkait USB flash drive yang dirilis Western Digital, terungkap bahwa USB Tipe-C akan menjadi jenis USB yang paling populer untuk dibeli di masa mendatang.

Sebanyak 68% responden mengaku akan membeli USB Tipe-C di masa mendatang dan 66% responden akan lebih memilih untuk membeli USB konektor ganda dibandingkan USB konektor tunggal (34%).

Studi tersebut menyebutkan bahwa responden lebih cenderung membeli USB konektor ganda dibandingkan dengan konektor tunggal, karena beberapa hal, diantaranya adalah karena drive ini bisa membantu mentransfer konten antar gadget (66%), lebih fleksibel untuk digunakan (64%), menawarkan kenyamanan lebih (62%), dan kompatibel untuk dihubungkan ke smartphone (59%).

Di Indonesia, 100% responden memiliki perangkat USB dengan rata-rata jumlah sekitar tiga USB per orang. 79% orang Indonesia juga berencana untuk membeli USB dalam tahun 2022 dibandingkan dengan jenis penyimpanan lain seperti hard disk drive eksternal (67%), solid state drive (SSD) internal (65%), solid state drive eksternal (64%) dan NAS (51%).

Secara keseluruhan, responden Indonesia lebih cenderung memiliki USB Tipe-A dengan konektor tunggal (41%), diikuti oleh USB Tipe-C dengan konektor tunggal (19%), USB Tipe-A dengan konektor ganda (17%), USB Tipe-C dengan konektor ganda (15%), dan USB Tipe-C dengan konektor lightning (8%).

Namun, sama halnya seperti tren global, perangkat USB Tipe-C kemungkinan besar menjadi opsi pembelian berikutnya bagi responden Indonesia (71%). Lebih lanjut, 74% responden juga menunjukkan bahwa mereka lebih tertarik untuk membeli konektor ganda daripada konektor tunggal (26%) di masa depan.

Di antara responden Indonesia yang lebih cenderung membeli USB konektor ganda dibandingkan dengan konektor tunggal, faktor pendorong utamanya adalah drive tersebut dapat membantu mentransfer konten antar gadget (77%), dapat digunakan dengan smartphone (77%) dan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam penggunaan (74%).

Permintaan USB Tipe-C dan Dual- Connector

Terkait tren penggunaan, orang Indonesia menggunakan USB konektor ganda dengan smartphone mereka sebagian besar untuk mentransfer file dari dan ke gadget lain (84%), mengambil foto dan menyimpannya langsung ke USB tanpa menempati memori intenal (62%), serta mencadangkan file penting (58%).

Sementara itu, pengguna Indonesia juga memasangkan USB konektor ganda dengan komputer untuk fungsi-fungsi tersebut, namun dengan fungsi tambahan yaitu penyimpanan file jangka panjang (60%).

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...