Kamis, September 29, 2022

Cara Bikin Foto Keren Pakai OPPO Reno8 Z 5G

Techbiz.id – OPPO Reno8 Z 5G menjadi salah satu seri OPPO Reno8 yang belum edar di pasaran. OPPO Indonesia berencana akan mengumumkan harga perangkat ini pada tanggal 15 September 2022 sekaligus membuka masa pre-order.

Sebagai salah satu varian dari OPPO Reno8 series, perangkat Reno8 Z 5G ini juga memiliki kemampuan fotografi yang tak kalah dengan seri lainnya yang mampu memberika hasil foto mengagumkan

Bersama dengan OPPO Photographer Expert, Aries Lukman, redaksi Techbiz Indonesia berkesempatan mengeksplorasi kemampuan perangkat ini.

Memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (apertur f/1.7), makro 2 MP (apertur f/2.4), dan depth 2 MP (apertur f/2.4), OPPO Reno8 Z 5G mampu menghasilkan gambar yang baik.

Kali ini eksplorasi perangkat OPPO Reno8 Z 5G ini dilakukan untuk membuat foto refleksi dari genangan air yang biasa disebut oleh netizen dengan istilah becekgram.

Menurut Aries, becekgram merupakan salah satu teknik lathan yang membantu kita untuk mengerti tentang angle dalam sebuah pemotretan.

Aries pun membagikan beberapa tips dalam membuat foto becekgram, baik dari sisi teknis maupun non teknis.

Untuk persiapan non tekns dalam membuat foto refleksi atau becekgram ini kalian bisa memilih genangan dengan permukaan gelap.

Foto refleksi akan terlhat baik hasilnya jika dilakukan di genangan air dengan permukaan yang gelap atau didominasi warna hitam agar pantulan subyek atau obyek terlihat dengan jelas dan baik.

Baca juga:

Kalau permukaan genangan air berwarna cerah sepeti permukaan tanah yang coklat terang, hal ini akan membuat pantulan subyek atau obyek tidak terlihat.

Foto refleksi juga bisa dibuat dengan menggunakan pantulan cermin. Oleh karenanya jika tidak ada genangan air, Aries memberikan alternatifnya dengan membawa cermin ataupun benda yang dapat menampilkan refleksi.

Kemudian dalam pengambilan gambar, posisi kamera harus berada dekat dengan genangan air atau permukaan yang akan merefleksikan obyek foto. Kalian bisa menggunakan smartphone OPPO Reno8 Z 5G dengan psosis terbalik atau diputar 180 derajat agar posisi kamera dekat dengan permukaan air.

Jangan lupa untuk mengunci titik fokus dari obyek yang akan dijepret dengan menekan permukaan layar sebelum memencet tombol shutter. Hal ini perlu dilakukan agar foto yang dihasilkan tidak salah fokus.

Untuk hal lain yang perlu kalian lakukan tentunya harus mengeksplorasi sudut terbaik dalam pengambilan gambar. Inilah yang disebut Aries di awal tadi bahwa memotret refleksi ini sangat bermanfaat untuk melatih pemilihan angle saat pemotretan.

Selain itu tentunya law of thirds dalam seni fotografi harus diperhatikan, seperti komposisi. kalian harus mengkomposisikan objek kedalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat.

“Dalam post processing, coba aja putar-putar fotonya dan lihat dari sudut pandang mana yang kalian suka,” tegas Aries.

Selain foto refleksi menggunakan air (becekgram), berikut ini saya sajikan juga hasil foto lainnya menggunakan OPPO Reno8 Z 5G dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Terkait

Artikel Terkait

Rimba Jadi Motor Listrik untuk Penjaga Hutan

Techbiz.id - Manufaktur motor listrik, Charged Indonesia, meluncurkan motor listrik yang diberinama Rimba, khusus untuk para penjaga hutan pertama...