Rabu, April 17, 2024

OPPO Ungkap Strategi Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Techbiz.id – OPPO Indonesia mengungkap strategi yang dilakukan hingga mampu pimpin pasar. Dalam laporan firma IDC pada kuartal kedua tahun 2022, OPPO memimpin pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Secara keseluruhan, di kuartal kedua 2022 OPPO tercatat sebagai penguasa market share Indonesia dengan pangsa pasar 20.6% atau naik 1,5% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu.

Kenaikan ini dapat dibilang cukup signifikan dalam kondisi ekonomi global yang kurang begitu baik, inflasi yang tergolong tinggi dan kenaikan suku bunga yang tentunya bisa mempengaruhi minat konsumen dalam membeli perangkat baru.

“Apa yang dicatatkan firma IDC sangat selaras dengan data internal kami. Kami juga melihat adanya kenaikan market share perangkat 5G berkat kehadiran lini seri Reno7, dimana ada dua perangkat 5G pada lini seri ini,” ungkap PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto.

Lebih lanjut, segmen kelas menengah menurutnya memang menjadi salah kontribusi terbesar OPPO di pasar smartphone tanah air, dan memberikan kontribusi 30 hingga 40 persen.

“Di kuartal kedua ini kami mencatat hal yang sama dengan IDC. Selain lini seri Reno7, OPPO A96 juga memberikan kontribusi market share yang cukup tinggi,” imbuh Aryo.

Banyaknya portofolio perangkat kelas menengah yang disajikan menjadi faktor pendukung kenaikan pangsa pasar OPPO di kuartal kedua tahun 2022 ini.

OPPO disampaikan Aryo cukup kuat menguasai pasar perangkat pada rentan harga 2,9 juta hingga 5,9 juta rupiah. Bahkan menurut IDC, 46,9% total pengiriman OPPO di 2022 berada pada segmen ini.

Aryo juga mengungkapkan bahwa strategi perusahaan untuk meningkatkan pasar 5G OPPO di Indonesia pada kuartal selanjutnya kembali diterapkan melalui peluncuran produk terbaru lini seri OPPO Reno8 yang baru diluncurkan pada Agustus yang lalu.

“OPPO sangat optimis pangsa pasar perangkat 5G akan meningkat pada kuartal mendatang setelah kehadiran lini seri Reno8, apalagi ada 3 Perangkat 5G pada lini seri Reno8: Reno8 5G, Reno8 Z 5G dan Reno8 Pro 5G jika dibandingkan dengan lini seri Reno7 yang hanya menghadirkan dua perangkat 5G saja. Selain itu untuk memperkuat pasar pada kuartal mendatang, OPPO siap menghadirkan beberapa kelas menengah yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” katanya.

Selain menghadirkan perangkat 5G baru melalui lini seri Reno8 di Indonesia, OPPO juga berencana menghadirkan beberapa perangkat IoT baru untuk mendukung ekosistem. Dua diantaranya yang sudah diluncurkan adalah True Wireless Stereo (TWS) OPPO Enco Buds2 dan OPPO Enco Air2 Pro.

Sementara itu, perangkat lain berupa gelang kesehatan OPPO Band 2 dan perangkat tablet pertama OPPO Pad Air diperkirakan akan diperkenalkan di kuartal akhir tahun 2022 jika tidak ada halangan.

“Kedepan, strategi yang akan dilakukan adalah OPPO Indonesia berupaya memperkuat posisinya di kelas menengah dengan menghadirkan beberapa perangkat baru dan ekosistem IoT pendukungnya dan juga mewujudkan janjinya untuk dapat menghadirkan teknologi terkini dan terbaru pada seluruh lini seri perangkatnya agar dapat dinikmati oleh lebih banyak pengguna,” pungkas Aryo.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...