Minggu, November 27, 2022

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id – Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis dapat menyelesaikan target pembangunan sebanyak 7.000 BTS 4G di wilayah USO.

“Setelah koordinasi dengan team project, kami optimis bahwa target pembangunan BTS dapat terus dilanjutkan meskipun lokasi pembangunan seperti di Papua cukup menantang,” ucap Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo, Bambang Nugroho.

Lebih lanjut disampaikan Pria yang akrab disapa Nugie, berdasarkan roadmap target pembangunan BTS 4G USO sebanyak 9.113. Oleh karena itu Nugie berharap ada tambahan anggaran baru sehingga target pembangunan BTS sebanyak 9.113 tersebut dapat tercapai.

“Mudah-mudahan kami mendapatkan tambahan anggaran untuk pembangunan infrastruktur sehingga tahun 2024 tidak hanya 7.000 BTS saja tetapi sesuai target roadmap yang sebanyak 9.113 BTS,” imbuhnya.

Hingga kini disampaikan Nugie sebanyak 4.321 titik BTS telah beroperasi untuk menghadirkan layanan telekomunikasi 4G. sedagkan pada September 2022 menurutnya jumlah BTS yang aktif melayani masyarakat berjumlah 4.241 BTS.

sebagai informasi, saat program pembangunan BTS USO ini dicanangkan, setidaknya ada 12.548 desa/kelurahan yang belum mendapatkan layanan telekomunikasi. Dari jumlah tersebut 3.435 desa/kelurahan menjadi tanggung jawab operator selular sebagai pemegang lisensi jaringan bergerak selular.

Sisanya sebanyak 9.113 desa/kelurahan yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi akan dibangun oleh BAKTI Kominfo dengan menggunakan dana universal service obligation (USO) yang setiap tahun dipungut Kominfo dari seluruh penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...