Sabtu, April 20, 2024

Bioma Terima Pendanaan Pre-seed untuk Perluas Layanan

Techbiz.id – Bioma mengumumkan telah memperoleh pendanaan pre-seed dengan nominal yang tidak diungkapkan. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh East Ventures dan Init-6.

Arlo Erdaka, Chief Executive Officer Bioma menyebutkan akan mengalokasikan dana tersebut untuk memperluas layanan mereka, terutama untuk melayani berbagai jenis kebutuhan bisnis para pelanggan.

Kedepannya, Bioma juga akan mengalokasikan dana tersebut untuk menambah sumber daya, terutama pada bidang operasional, produk, dan teknologi, guna memastikan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik.

“Kami sangat senang menerima kepercayaan dan dukungan dari East Ventures & Init-6. Kami percaya dengan misi kami dalam memungkinkan dan mengubah bisnis di Indonesia menjadi ringan aset yang akan menghemat banyak waktu, energi, dan uang untuk mengelola aset fisik,” kata Arlo.

Lebih lanjut, dijelaskan Arllo, solusi Bioma memungkinkan bisnis untuk fokus pada aspek penting dalam mengalokasikan sumber daya, memberikan kenyamanan, serta keterjangkauan yang tidak dimiliki sebelumnya

Bioma merupakan platform yang memberikan akses kepada pelanggan ke berbagai barang berkualitas seperti elektronik, perabotan, peralatan dapur, serta perlengkapan ibu & bayi, dan menawarkan penghematan biaya yang signifikan melalui sistem bayar per penggunaan (pay-per-use).

Dengan sistem ini, pelanggan hanya akan membayar biaya berdasarkan penggunaan barang sesuai permintaan, sedangkan tanggung jawab pemeliharaan barang akan dilakukan oleh Bioma.

Hal ini menjadi solusi yang memecahkan berbagai masalah dan kesulitan yang dihadapi pelanggan terkait keterbatasan  modal, jumlah pemakaian, dan tempat penyimpanan dalam mengelola aset. Sering kali, pelanggan secara terus-menerus membeli barang dengan biaya yang mahal dan hanya untuk digunakan dalam waktu singkat.

Setelah barang dibeli, banyak pelanggan mengalami kesulitan dalam hal operasional yang terkadang rumit, seperti pemeliharaan dan perbaikan barang rusak, dan akhirnya menyebabkan penurunan produktivitas dalam banyak kasus.

Solusi yang dihadirkan Bioma memberikan fleksibilitas, pilihan, dan kemudahan bagi para pemilik bisnis untuk menyewa dibandingkan untuk membeli barang yang akan dipakai. Di sisi lain, Bioma juga mengatasi kerumitan operasional bisnis dalam memenuhi dan memelihara barang yang mereka beli.

Selain itu, asset-light solution ini juga memecahkan masalah pelanggan dan berdampak positif pada lingkungan. Bioma menawarkan pendekatan sirkular sebagai alternatif ramah lingkungan terhadap pola konsumsi yang tidak berkelanjutan dan memberikan kemungkinan penggunaan kembali satu barang oleh banyak pelanggan.

Bioma juga akan bertanggung jawab dalam mengelola perbaikan setiap barang untuk memperpanjang siklus hidup barang tersebut, dan kemudian menutup siklus barang dengan cara mendaur ulang atau mengubah fungsi suatu barang untuk meminimalkan jumlah sampah yang dihasilkan.

Dalam aspek operasional, Bioma juga memberikan kesempatan kepada para brand untuk menjadi sirkular. Dengan menerapkan visi yang sama untuk memungkinkan bisnis ringan aset, lebih dari 90% inventaris yang ditawarkan oleh Bioma dimiliki oleh pihak ketiga seperti brand dan individu melalui model bagi hasil, di mana Bioma bertanggung jawab dalam mengelola operasional secara end-to-end. Hal ini memungkinkan para brand untuk mengembangkan bisnis mereka ke pasar sewa tanpa perlu membangun sistem rantai pasok sewa sendiri.

Layanan Bioma digunakan oleh para pemilik bisnis di berbagai sektor, mulai dari properti hingga agrikultur, dengan berbagai ukuran bisnis, mulai dari startup hingga korporasi besar. Bioma menawarkan rental marketplace dari berbagai barang fisik yang dapat diakses melalui situs mereka. Bioma terus menemukan semakin banyak kebutuhan bisnis baru yang menunjukkan kemungkinan dan potensi pertumbuhan yang tinggi.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...