Minggu, November 27, 2022

Huawei dan APJII Tegaskan Komitmen Perkuat Infrastruktur Ekosistem Digital

Techbiz.id – Huawei bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menegaskan kembali komitmen dalam rangka penyusunan strategi dan kolaborasi untuk meningkatkan penetrasi internet pita lebar untuk mendukung pertumbuhan ekosistem, transformasi digital di berbagai sektor dan berkontribusi bagi ekonomi digital dan masyarakat.

Komitmen tersebut dinyatakan di sela-sela Rapat Kerja Nasional APJII 2022. Dalam kata sambutannya, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kominfo, mengatakan bahwa Indonesia tengah bergerak secara cepat memasuki era baru digital dengan pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi yang terus bertumbuh secara positif sejalan dengan pertumbuhan migrasi aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital selama pemulihan pasca pandemi. 

“Seturut dengan peta jalan (roadmap) transformasi digital nasional, Kementerian Kominfo terus mendorong kemampuan adaptasi masyarakat untuk memasuki era digital melalui strategi penguatan infrastruktur dan kebijakan untuk memastikan penetrasi konektivitas layanan pita lebar nasional 5 tahun ke depan, dalam rangka mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi digital bersama pemangku kepentingan termasuk asosiasi industri seperti APJII dan Huawei serta segenap ekosistem. Satu fondasi yang disiapkan Kominfo adalah pemerataan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi,” kata Semuel.

Menurut Ketua APJII Muhammad Arif Angga, konektivitas internet menjadi enabler utama untuk memungkinkan lompatan-lompatan transformasi digital ke depanbdan andemi telah mendorong peningkatan penetrasi internet hingga 77 persen dan momentum itu perlu direspons dengan kolaborasi lebih masif untuk mendorong pemerataan ketersediaan internet di seluruh Indonesia.

“Asosiasi mengapresiasi komitmen Huawei sebagai penyedia teknologi TIK terkemuka global untuk terus mendukung penguatan infrastruktur ekosistem digital Indonesia bersama lebih dari 750 perusahaan anggota APJII,” ucapnya.

Sementara itu, Mohamad Rosidi, Director of Business Strategy Huawei Indonesia menegaskan, sebagai penyedia teknologi TIK global, Huawei berkomitmen untuk terus membagikan pengalaman dan keahliannya terkait tren industri, use cases dan solusi dari berbagai negara di dunia yang dapat dijadikan rekomendasi dan referensi bagi industri dan pemerintah di Indonesia untuk membantu merancang strategi dan kebijakan yang berkelanjutan ke depan.

“Secara khusus, Huawei melihat pemerataan dan perbaikan kualitas konektivitas sebagai katalisator penting bagi dunia digital masa depan mengingat prediksi Huawei bahwa hingga tahun 2030, akan ada 1,6 milyar pelanggan pita lebar di seluruh dunia dengan 23 persen rumah akan memiliki akses 10 gigabit pita lebar,” kata Rosidi.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...