Jumat, Desember 9, 2022

Resmi Beroperasi, Pabrik OPPO Terapkan Standar Kualitas Tinggi

Techbiz.id – Pabrik baru yang berdiri di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten resmi beroperasi.

Pabrik ini menggantikan pabrik lama yang berlokasi tidak jauh dari pabrik baru saat ini, hanya berbeda wilayah administratif. Pabrik lama berlokasi pada Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci.

OPPO melakukan topping off pabrik pertama pada Desember 2014 dan mulai beroperasi penuh pada Mei 2015. Pabrik lama OPPO beroperasi pada lahan seluas 2,7 hektar dengan kombinasi lini produksi besar dan lini produksi kecil. Sementara, pabrik baru OPPO berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan keseluruhan berupa lini produksi besar.

PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan, pabrik baru ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik untuk karyawannya mulai dari fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, volley, tennis meja, meja biliar hingga gym.

Untuk fasilitas kesehatan, OPPO juga menyediakan klinik yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan. Klinik ini juga mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh karyawan secara berkala tiap tahunnya.

Fasilitas lain berupa kantin yang terdiri dari dua lantai yang mampu melayani 1.000 pekerja dan juga sarana ibadah berupa musholla yang dapat menampung 1.000 orang. 

Untuk kapasitas, jumlah pekerja yang ditampung saat ini sekitar seribuan pekerja. Jumlahnya sendiri fluktuatif, mengikuti dengan permintaan pasar smartphone di Indonesia. Ketika memasuki masa permintaan produk tinggi, maka OPPO Manufacturing Indonesia baru kembali melakukan perekrutan pekerja.

Untuk memenuhi permintaan terhadap pekerja, OPPO Manufacturing Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah yang terdaftar dan terakreditasi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang.

Untuk perekrutan tenaga kerja itu sendiri, OPPO Manufacturing Indonesia disampaikan Aryo hanya berkomunikasi melalui akun Instagram resmi @bmt.tangerang. Berbagai informasi resmi mengenai perekrutan dapat dilihat pada akun tersebut guna menghindari kesimpangsiuran informasi.

Untuk komposisi pekerja di OPPO Manufacturing Indonesia, sebanyak 97% merupakan tenaga kerja Indonesia dan 3% merupakan tenaga kerja asing. Tenaga kerja Indonesia pada pabrik ini juga dapat menempati berbagai posisi penting mulai dari engineering hingga level manajerial.

Saat ini pabrik OPPO sudah digunakan untuk produksi OPPO A77s, dan telah mempersiapkan tiga lini aktif, sementara satu lini lainnya akan diaktifkan ketika permintaan perangkat ini semakin tinggi, khususnya pada peak season seperti akhir tahun.

Terkait

Artikel Terkait

UMKM Butuh Identitas Digital untuk Integrasi Digital

Techbiz.id - Pada proses digitalisasi UMKM, identitas digital dipercaya dapat menjadi kunci UMKM dalam mengakses berbagai layanan platform digital....