Minggu, November 27, 2022

Review Neumann NDH 30: Headphone Monitor Profesional

Techbiz.id – Ketika berbicara tentang Neumann.Berlin, yang terlintas dibenak kita adalah suatu perusahaan audio ternama yang telah berdiri kurang lebih selama 70 tahun. Perangkat audio besutan Neumann kerap kali ditemukan di studio musik rekaman besar di seluruh dunia.

Pabrikan audio asal Berlin ini juga memiliki jajaran produk headphone monitoring profesional, salah satunya Neumann NDH 30. Sebelum NDH 30 dijual, headphone over-ear tertutup NDH 20 sudah lebih dulu meluncur pada 2019 lalu.

Review Neumann NDH 30

Menurut Neumann, NDH 30 adalah dirancang untuk memungkinkan pengguna dengan mudah beralih antara sistem pemantauan referensi Neumann MA-1 dan headphone. Apa yang pengguna dengar di monitor harus persis seperti yang pengguna dengar melalui headphone.

Desain

Neumann NDH 30 bergaya open-back yang memiliki tampilan premium dan build quality cukup tinggi. Terbuat dari material aluminium dan polikarbonat, membuat Neumann NDH 30 terlihat kokoh dan solid. Apalagi dengan bobot yang hampir 400 gram sehingga menjadikannya sangat ringan ketika digunakan dengan waktu yang lama.

Pada bagian warna, headphone open-back besutan Neumann ini didominasi warna silver dan hitam. Sementara bagian busa padding bagian dalam memiliki warna oranye.

Tak hanya itu, bagian earpad-nya juga fleksibel yang bisa diputar ke arah dalam dan dilipat agar mudah ketika disimpan.

Konektivitas yang dibawa masih mengusung kabel yang memiliki panjang 3 meter. Pada bagian kabel tersemat jack 2.5mm yang disambungkan ke headphone, dan 3.5mm yang bisa disambungkan ke perangkat PC atau sebagainya. Dalam paket penjualan juga telah disediakan adaptor jack 6.3mm.

Kenyamanan penggunaan

NDH 30 sangat nyaman ketika digunakan. Bagian head band bisa diatur sesuai ukuran keapala pengguna. Selain itu, bagian busa earpad-nya memiliki rasa yang lembut seperti kain. Ini tentunya tidak menyebabkan banyak keringat ketika digunakan dalam waktu yang lama.

Penggunaan dengan smartphone kami rasa headphone ini tidak mencapai potensinya. Apalagi kabel yang dibawa memiliki panjang 3 meter, yang tentunya sangat merumitkan.

Seluruh potensi suara dan kenyamanannya baru keluar ketika kami menggunakan perangkat PC.

Kualitas suara

Meski masih tergolong baru didunia headphone, pabrikan asal Berlin ini ternyata tidak main-main dalam menggarap NDH 30 sebagai headphone monitor. Bicara kenyamanan, NDH 30 menawarkan kualitas suara jernih dengan komposisi pas tanpa campuran kostumisasi.

Dalam arti, ya memang headphone ini mengeluarkan suara yang netral tanpa adanya sentuhan warna sedikitpun di seluruh rentang 12Hz – 34kHz.

Secara teknis, Neumann mengandalkan driver dinamis dengan diameter 38mm dan magnet neodymium. Menurut perusahaan, driver ini diproduksi secara ketat, yang memungkinkan tidak hanya pencocokan pasangan tetapi juga konsistensi di seluruh papan.

Walhasil, dengan driver besar yang memiliki rentang 12Hz – 34kHz, Neumann NDH 30 mampu menghasilkan suara yang sangat detil.

Driver dipasang sedikit miring, yang seharusnya membuat kesan stereo secara umum lebih alami dan kompatibel dengan reproduksi speaker. Selain itu, peredam selektif frekuensi digunakan untuk mencegah penekanan berlebihan pada rentang frekuensi yang tinggi.

Tingkat impedansi secara nominal sekitar 120 Ohms, yang berarti masih cukup untuk penggunaan tanpa tambahan ampli.

Pengujian dengan lagu

Selanjutnya adalah pengujian beberapa lagu berbeda genre. Pada bagian bass, lagu Nick Cave and The Bad Seeds – Galleon Ship, NDH 30 mengeluarkan output yang banyak dan dalam. Berkontur tapi juga cukup bertenaga.

Spektrum yang lebih luas direproduksi secara analitis. Di midrange, instrumen dan suara dari semua jenis, baik akustik, elektronik atau terdistorsi, dapat dievaluasi dengan baik oleh headphone ini.

Namun demikian, genre metal, yang seringkali cenderung ke arah kekerasan, terdengar meyakinkan saat dicampur dengan tepat – dari AC/DC hingga Meshuggah dan Slayer. Sebaliknya, bahkan campuran rock yang hangat secara eksplisit seperti “Sorceress” oleh Opeth tidak terdengar terlalu redup.

Keunggulan

  • Nyaman digunakan
  • Kualiatas suara jernih
  • Kabel jack panjang
  • Busa earpad dapat diganti

Kekurangan

  • Harga relatif tinggi

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...