Jumat, Desember 9, 2022

TikTok Shop Punya Fitur Baru, Shopping Center

Techbiz.id – TikTok Shop mengumumkan kehadiran fitur terbarunya yaitu Shopping Center di Indonesia untuk mempermudah pengguna menemukan lebih banyak pilihan produk dan membantu merchant mengelola pesanan dengan lebih baik di dalam TikTok Shop.

Terletak di dalam tab ‘Shop’ yang mudah diakses, fitur ini bertujuan untuk membantu pelanggan dan penjual dengan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam kegiatan jual beli di dalam ekosistem TikTok, selagi menikmati konten video menghibur dan menyenangkan di platform yang sama.

Hal ini mengacu pada konsep Shoppertainment yang diperkenalkan oleh TikTok, yang menitikberatkan pentingnya bagi brand dan bisnis untuk menghadirkan unsur hiburan terlebih dahulu (entertainment-first)sebelum mengajak pengguna untuk melakukan kegiatan berbelanja (commerce-second) di TikTok.

Dalam fitur Shopping Center, TikTok Shop menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja dengan mempersingkat alur belanja konsumen, di mana mereka bisa langsung mengakses apapun yang berkaitan dengan aktivitas belanja di dalam satu tab.

Dalam tab ini, pengguna dapat melihat pesanan, keranjang, history belanja, chat dengan penjual, sampai mengatur alamat dan metode pembayaran. Produk-produk dalam fitur Shopping Center telah dibagi sesuai dengan kategori agar pengguna bisa mendapatkan produk yang mereka cari dengan cepat dan mudah, seperti kategori kecantikan, pakaian wanita, elektronik, makanan, dan banyak lagi.

Di bagian atas halaman juga terdapat informasi flash sale dan hitung mundur waktunya, agar pengguna tidak ketinggalan informasi tentang produk yang sedang diskon. 

Dengan memperkenalkan fitur baru yaitu Shopping Center, pengguna bisa merasakan pengalaman berbelanja yang mudah, ringkas, sekaligus menghibur di platform TikTok.

“Untuk keperluan bisnis, kami berharap fitur ini dapat membantu mereka berkembang agar dapat ditemukan dengan lebih mudah dan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru, memanfaatkan kekuatan komunitas TikTok,” jelas perwakilan TikTok Shop Indonesia.

Bagi merchant, fitur Shopping Center menyediakan flash sale dan brand snap dalam momen sale harian dan sale besar. Untuk pengguna baru, di fitur Shopping Center juga ada diskon yang lebih besar untuk pembelian produk favorit mereka. 

Pengalaman baru dalam proses jual beli dengan adanya fitur Shopping Center ini sudah dapat dirasakan oleh para pengguna dan merchant di momen belanja 10.10. Dalam kampanye 10.10 tahun ini, GMV secara keseluruhan naik sebesar 148% dengan kontribusi fitur Shopping Center sebesar 17,7%.

Dalam kampanye 10.10, salah satu brand smartphone populer di Indonesia yaitu realme menawarkan harga yang lebih murah di fitur Shopping Center dengan penawaran bundlingdengan produk lain seperti powerbank Dengan penawaran tersebut, realme melihat pertumbuhan yang cukup signifikan dalam GMV-nya sebesar 71%.

“TikTok Shop sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan, di mana kami menghadirkan beberapa produk bundlingyang menjadi lebih murah dari biasanya. Kami sangat berterima kasih atas dukungan TikTok Shop khususnya untuk kegiatan penjualan selama kampanye 10.10,” ujar Daffa Iqbal R., realme TTS Marketing Manager.

Selain realme,merchantlainnya yang berhasil meningkatkan penjualannya di TikTok Shop di 10.10 adalah Kelontong Milenial, tepatnya mencapai kenaikan GMV keseluruhan sebesar 162%.

Merchant yang menjual kebutuhan sehari-hari ini juga mengalami kenaikan signifikan dalam jumlah page views per hari bila dibandingkan dengan bulan September.

Kelontong Milenial menyediakan kebutuhan sehari-hari yang harganya sangat bergantung pada harga pasar, jadi kami menawarkan harga terbaik di fitur Shopping Center. Pelanggan pun dapat menemukan produk dan membelinya dengan cepat dan mudah dalam satu tab yang sama.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi kami, dan dengan fitur Shopping Center yang lengkap dan mudah diakses, TikTok Shop membantu kami untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan lebih untuk pelanggan,” kata Erlia Mamaia, Owner dari Kelontong Milenial.

Selain realme, merchant yang berhasil meningkatkan penjualannya di TikTok Shop di 10.10 adalah Kelontong Milenial, tepatnya mencapai kenaikan GMV keseluruhan sebesar 162% Merchant yang menjual kebutuhan sehari-hari ini juga mengalami kenaikan signifikan dalam jumlah page views per hari bila dibandingkan dengan bulan September.

“Kelontong Milenial menyediakan kebutuhan sehari-hari yang harganya sangat bergantung pada harga pasar, jadi kami menawarkan harga terbaik di fitur Shopping Center. Pelanggan pun dapat menemukan produk dan membelinya dengan cepat dan mudah dalam satu tab yang sama. Kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi kami, dan dengan fitur Shopping Center yang lengkap dan mudah diakses, TikTok Shop membantu kami untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan lebih untuk pelanggan,” kata Erlia Mamaia,Owner dari Kelontong Milenial.

Terkait

Artikel Terkait

UMKM Butuh Identitas Digital untuk Integrasi Digital

Techbiz.id - Pada proses digitalisasi UMKM, identitas digital dipercaya dapat menjadi kunci UMKM dalam mengakses berbagai layanan platform digital....