Minggu, November 27, 2022

Cara Screenshot Layar Laptop Termudah

Techbiz.id – Cara screenshot layar laptop dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol shortcut yang tersedia di keyboard.

Aktivitas screenshot laptop kadang diperlukan untuk menangkap tampilan layar. Sayangnya, tips screenshot laptop tidak sesederhana pada smartphone. Di mana pada smartphone kita hanya mengusap tiga jari secara bersamaan.

Lalu, bagaimana cara menangkap tampilan layar laptop? Simak tips berikut ini:

Cara Screenshot Layar Laptop

Menggunakan Tombol PrtScr

Cara yang paling mudah adalah menggunakan tombol PrtScr yang tersedia hampir diseluruh keyboard. Pengguna yang ingin screenshot layar laptop dapat menggunakan tombol tersebut kemudian paste ke editor gambar.

Untuk menempel hasil screenshot, bisa menggunakan bantuan apliaksi MS Word atau Paint. Selanjutnya tinggal simpan.

Windows Key + PrtScr

cara screenshot layar laptop

Nah selanjutnya, kombinasi pintasan Key + PrtScr juga bisa dimanfaatkan untuk menangkap tampilan layar.

Tekan kombinasi kedua tombol tersebut, kemudian pengguna akan melihat layar laptop meredup. Jangan khawatir, itu bukan rusak atau error. Melainkan Windows telah berhasil menangkap sekaligus menyimpan hasil tangkapan layar.

Silahkan menuju File Manager di laptop untuk mencari hasil yang sudah di-screenshot tadi.

Windows Key + Shift + S

tips screenshot tampilan laptop

Kombinasi Windows Key + Shift + S merupakan tombol pintasan yang pengguna bisa manfaatkan untuk menangkap layar laptop. Namun bedanya, disini pengguna bisa memilih bagian layar mana yang ingin ditangkap.

Tekan kombinasi tombol tersebut, kemudian layar laptop akan meredup dan tersedia kursor yang dapat ditarik guna memilih bagian mana yang ingin di-screenshot.

Menggunakan Windows Game Bar

Game Bar merupakan menu yang dapat diakses di seluruh Windows 10. Caranya, tekan kombinasi tombol Windows Key + G. Di sana ada pilihan screenshot yang tinggal diklik menggunakan mouse.

Namun jika fitur ini belum ada, silahkan mengaktifkan dulu melalui Pengaturan – Game – Game Bar.

Nah begitulah cara screenshot layar laptop dengan mudah. Semoga tips ini bermanfaat!

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...