Minggu, Januari 29, 2023

Galaxy A33 5G: Komplit untuk Penuhi Kebutuhan Gen Z

Techbiz.id – Sekitar pertengahan tahun 2022 lalu Samsung menghadirkan Galaxy A33 5G yang diklaim hadir dengan inovasi terbaru Galaxy secara lengkap untuk sebuah pengalaman mobile yang holistis dengan harga terbaik.

Selain itu, Galaxy A33 5G sendiri memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan Gen Z dalam menuangkan kreativitasnya di media sosial.

Redaksi Techbiz Indonesia kali ini akan mengulas bagaimana performa dan fitur apa saja yang ada di smartphone Galaxy A33 5G yang diklaim mampu memenuhi kebutuhan Gen Z di artikel review ini.

Review Galaxy A33 5G

Desain

Galaxy A33 5G didesain sedemikian rupa untuk menjadi lebih fashionable, fungsional, dan sustainable. Bezel yang tipis pada perangkat menciptakan tampilan lebih smooth dan stylish, ditambah dengan desain Ambient Edge yang mampu memadukan kamera dalam bodi perangkat secara seamless.

Samsung juga sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 serta memenuhi sertifikasi tahan air dan debu IP67 yang memberikan daya tahan yang lebih baik serta rasa aman dan nyaman dalam menggunakannya setiap saat.

Layar Galaxy A33 5G menggunakan teknologi Super AMOLED Ditambah dengan ukuran layar yang lapang yaitu 6,4 inci dan resolusi hingga FHD+ sehingga dapat memberikan kualitas tampilan terbaik di kelasnya.

Layar Super AMOLED 6,4 milik Galaxy A33 5G ini didukung refresh rate 90Hz. Menariknya, jika dulu melihat layar smartphone dengan jelas di bawah terik sinar matahari bukan hal yang mudah. Namun, algoritma cerdas terbaru di Galaxy A Series ini mampu memastikan layar perangkat tampil dengan detail yang begitu jelas, sekalipun di luar ruangan.

Untuk penempatan tombol fungsional, perangkat ini menempatkan tombol volume sejajar dengan tombol daya di sisi sebelah kanan. Sementara, sisi sebelah kiri tidak terdapat tombol apapun.

Di bagian atas perangkat terdapat slot SIM Card dan microSD sejajar dengan lubang mikrofon. Sedangkang di sisi bagian bawah, terdapat port USB Type-C yang juga sejajar dengan grill atau lubang speaker dan juga mikrofon. Port jack audio 3.5mm absen pada perangkat ini.

Performa

Guna memberikan performa yang terbaik bagi pengguna, Samsung Galaxy A33 ditenagai oleh chipset Exynos 1280 dengan dukungan konektivitas 5G. Chip ini disandingkan dengan dua pilihan RAM, mencakup 6 GB dan 8 GB.

Sementara pilihan memori internalnya adalah 128 GB dan 256 GB. Galaxy A33 5G juga bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB. Samsung juga melengkapi perangkat seri A ini dengan fitur RAM Plus, sehingga bisa mendapatkan “tambahan” RAM hingga 6GB. Sementara, RAM 8GB bisa ditingkatkan hingga 8GB.

“Tambahan” RAM tersebut bisa didapatkan dengan mengakses menu Setting, lalu tap Battery and device care. Selanjutnya, tap Memory dan tap RAM Plus.

Samsung Galaxy A33 5G membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh. Guna mempersingkat waktu pengisian, Samsung menyertakan dukungan fast charging 25W. Dengan teknologi ini, di atas kertas Samsung mengklaim hanya butuh 30 menit untuk mengisi 50 persen.

Hanya saja, dalam paket penjualannya Samsung tidak menyertakan adaptor charger. Jadi kalian harus mengeluarkan dana tambahan jika memang tidak mempunyai adaptor dari perangkat lama.

Untuk menghemat baterai ketika dalam kondisi minim daya, Samsung juga melengkapi Galaxy A33 5G dengan fitur Power Saving untuk menghemat daya yang tersisa.

Jika fitur Power Saving diaktifkan, Samsung akan membatasi beberapa fitur yang ada pada Galaxy A33 5G seperti kecerahan layar, refresh rate hingga lokasi.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memilih aplikasi mana saja yang dapat diakses ketika fitur Power Saving diaktifkan. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa mengakses menu Setting, lalu tap Battery and device care dan tap Battery.

review galaxy a33 5g

Ssamsung Galaxy A33 5G ini juga memiliki fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat merasakan pengalaman mobile gaming dengan performa yang lebih optimal.

Digunakan untuk bermain game mobile seperti PUBG, dengan settingan yang tepat, Galaxy A33 5G sangat nyaman digunakan. Terlebih jika kalian bisa memaksimalkan empat fitur yang terdapat di peangkat Samsung galaxy A33 5G untuk mengoptimalkan performa gaming.

Beberapa fitur di Galaxy A33 5G yang bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan performa gaming diantaranya adalah Game Launcher, Game Booster, Game Plugins dan Mode Prioritas.

Kamera

Samsung menyertakan empat kamera di bagian belakang Galaxy A33 5G. Adapun komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP, ultra-wide 8 MP, depth 2 MP dan makro 5 MP. Untuk kamera selfienya berukuran 13 MP.

Galaxy A33 5G juga sudah dibekali teknologi Optic Image Stabilization (OIS), sehingga membuat video tampak halus dan stabil tanpa adanya guncangan apapun.

Untuk hasil fotonya, kamera utama 48 MP dari Galaxy A33 5G ini mampu menghasilkan gambar yang detail dan tajam. Yang saya suka, warna yang dihasilkan terlihat natural tanpa saturasi yang berlebihan. Jika ingin langsung menguploadnya ke media sosial, hasil gambar dari kamera A33 5G sangat memungkinkan.

Untuk kebutuhan konten foto, Galaxy A33 5G ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang seperti Photo Remaster, Object Eraser, hingga Fun Mode.

Dengan fitur Photo Remaster yang bisa memperbaiki hasil foto yang telah diambil dalam beberapa waktu ke belakang dan membuat kualitas foto yang sebelumnya tampak kurang baik bisa terlihat lebih jelas dan tajam.

Sedangkan fitur Object eraser memungkinkan penggunanya untuk menghapus objek yang tidak diinginkan atau sosok photobomb yang ada di dalam foto tanpa perlu repot install aplikasi tambahan.

Sementara itu, fitur Fun Mode berisi berbagai filter lucu untuk kamu menciptakan foto yang lebih unik, baik itu dengan penambahan kontras, mood tertentu, hingga efek-efek menarik.

Bagusnya lagi, filter ini bisa digunakan untuk kamera depan dan belakang, termasuk saat kamu ingin menggunakan mode ultra wide, jadi kamu bisa menciptakan foto yang lebih kreatif dan makin Awesome. 

Hasil foto:

Fitur pendukung

Galaxy A33 5G menjanjikan data dan informasi pengguna selalu dilindungi secara aman berkat defense-grade security dari Samsung Knox.

Saat menyimpan foto, catatan, dan aplikasi yang sifatnya pribadi, pengguna bisa memanfaatkan Secure Folder layaknya sebuah brankas digital yang terenkripsi, jadi hanya pengguna saja yang bisa mengaksesnya.

Lalu dengan Private Share, pengguna dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke suatu file dan mengatur batasan jangka waktu file tersebut dapat diakses.

Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G juga akan menyertakan Samsung Wallet terbaru sebagai tempat yang nyaman dan terlindungi untuk menyimpan semua hal secara digital, mulai dari boarding pass hingga kartu kredit, dengan aman.

Kesimpulan

Dijual di rentang harga Rp4 Jutaan, berdasarkan hasil review, smartphone Galaxy A33 5G ini memiliki fitur yang menurut saya cukup lengkap, apalagi untuk Gen Z yang membutuhkan perangkat yang bisa menunjang eksistensinya di dunia maya.

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...