Minggu, November 27, 2022

Perangkat Smart Home dari IT Ini Wajib Ada untuk Keamanan

Techbiz.id – Pasar perangkat internet of things (IoT) di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Menurut Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI), Teguh Prasetya, potensi ekosistem atau pasar IoT di Indonesia pada 2022 mencapai US$ 26 miliar atau Rp 372 triliun.

Pertumbuhan perangkat IoT di Indonesia yang begitu pesat ini memang bukan tanpa alasan. Disebutkan juga oleh Teguh bahwa ada tiga faktor yang membuat banyak orang tertarik dengan perangkat IoT sehingga bisa berkembang begitu pesat di Tanah Air.

Ketiga faktor tersebut adalah harga, kualitas dari perangkat IoT yang ditawarkan dan after sales atau layanan purna jual. Teguh juga menambahkan bahwa pasar smart home berbasis IoT di Indonesia telah mencapai 7,8 juta unit (Februari 2022).

Salah satu vendor perangkat IoT yang getol menelurkan produk smart home berbasis IoT di Indonesia adalah IT (Immersive Tech). Dan belum lama ini, IT telah merilis beragam perangkat IoT terbaru, tiga diantaranya adalah Smart Outdoor Camera W01, Smart Floodlight Camera FW01, dan Smart Power Socket Dual Plug PS02.

Nah! Menariknya, ketiga perangkat smart home dari IT tersebut datang ke meja redaksi TechBiz.ID. Smart Outdoor Camera W01, Smart Floodlight Camera FW01 adalah CCTV pintar. Sedangkan Smart Power Socket Dual Plug PS02 adalah colokan listrik pintar.

Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01

Secara garis besar, kedua perangkat smart home berbasis IoT dari IT ini adalah memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai CCTV pintar. Mengapa dikatakan pintar? Karena pengguna bisa mengoperasikan CCTV ini melalui smartphone.

Meski memiliki faktor bentuk yang berbeda, Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01, yang datang sebagai CCTV pintar memiliki beberapa persamaan. Pertama, kedua perangkat IoT ini menawarkan kemudahan dalam hal instalasi.

Ya! Kemudahan hal dalam instalasi yang yang dimaksud, pengguna tak perlu repot-repot untuk menarik kabel listrik sebagai sumber daya. IT menegaskan bahwa Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01 100% wire free alias bebas kabel.

Lalu, dari mana sumber daya untuk kedua CCTV pintar tersebut? Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01, keduanya datang dengan dukungan baterai internal berkapasitas 14.400 mAh.

Punya dukungan baterai internal dengan kapasitas yang terbilang tidak kecil, kedua CCTV pintar ini, Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01 diklaim oleh IT mampu bekerja hingga 18 bulan.

Persamaan lainnya, kedua CCTV pintar ini juga memiliki dukungan slot untuk menempatkan kartu microSD hingga 128GB. Ya! Dengan begitu, perangkat IoT ini dapat menyimpan data foto atau video yang di-capture lebih banyak.

Selain itu, Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01 juga memiliki kemampuan yang sama, yakni merekam FullHD atau 1080p, Night Visibility, 2-Way Audio, Sound Detection, AI Human Detection, dan sertifikasi IP65 Waterproof.

Lalu, apa perbedaannya? Untuk perbedaan, yang paling menonjol bahwa Smart Outdoor Camera W01 hanya mampu mendeteksi gerakan dalam radius 8 meter dengan FoV 100 derajat. Sementara, Smart Floodlight Camera FW01 bisa bekerja mendetksi gerakan hingga radius 10 meter dengan FoV 120 derajat.

Smart Floodlight Camera FW01 juga dapat berfungsi sebagai lampu sorot dan memiliki sirene dengan kemampuan bunyi hingga 102dB. Selain itu, CCTV pintar yang cocok dipasang di luar ruangan ini juga diperkuat oleh lampu dengan kemampuan 600 lumen.

Faktor Bentuk Smart Outdoor Camera W01

IT merancang Smart Outdoor Camera W01 seperti tabung. Unit CCTV pintar ini datang dengan balutan warna putih, yang dipermanis dengan akses garis hitam yang mengelilingi bodinya. Ada dukungan dua buah antena yang berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal.

Sementara, di bagian depan, kamu bisa melihat dengan jelas bahwa Smart Outdoor Camera W01 punya lensa kamera yang bersanding dengan sensor PIR, lubang mikrofon, sensor photosensitive dan lampu indikator.

Di bagian bodi lainnya, IT juga mempersenjatai CCTV pintar ini dengan tombol reset, tombol daya, indikator pengisian daya, port microUSB dan satu lagi slot untuk menampung kartu microSD yang semuanya dilindungi penutup karet.

Ada juga speaker dan lubang untuk memasang bracket. Seperti telah disebutkan bahwa Smart Outdoor Camera W01 telah dibekali sertifikasi IP65 Waterproof. Karena itu, kamu tak perlu khawatir untuk memasang CCTV pintar ini diluar ruangan dan terguyur air hujan.

Lantas, mengapa Smart Outdoor Camera W01 ini juga punya speaker? Ini berkaitan dengan fitur 2-Way Audio. Dengan begitu, kalian juga bisa memanfaatkan CCTV pintar ini sebagai alat komunikasi audio dua arah.

Faktor Bentuk Smart Floodlight Camera FW01

Berbeda dengan saudaranya, Smart Floodlight Camera FW01 dirancang oleh IT dengan faktor bentuk balok. CCTV pintar ini juga datang dengan balutan warna putih, dan sebagian dari bodinya adalah lampu.

Lensa kamera dimuat oleh IT di bawah lampu, yang bersanding dengan lubang mikrofon, PIR yang mengapit lensa kamera dan lampu indikator. Sementara, tombol daya bisa kamu temukan di sisi samping sebelah kanan.

Ada juga penutup karet yang dapat kamu buka dan di sana kamu bisa menemukan tombol reset, port micro USB untuk pengisian daya, dan slot untuk menampung kartu microSD. Tepat disebelahnya, ada juga speaker untuk mendukung fitur 2-Way.

Instalasi Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kedua CCTV pintar ini menawarkan kemudahan dalam hal instalasi. Tetapi, ada baiknya kamu terlebih dahulu menentukan lokasi pemasangannya, dengan memasang bracket yang tersedia dalam paket penjualan.

Setelah bracket terpasang, kamu dapat melakukan instalasi. Sekali lagi, saat instalasi atau pemasangan, CCTV pintar ini tidak membutuhkan soket atau colokan listrik. Jadi, kalian tak perlu repot-repot untuk menyiapkan colokan listrik di dekatnya.

Seperti pengalaman TechBiz.ID, ada baiknya saat proses instalasi jangan pasang Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01 ke bracket. Ini bertujuan agar kamu bisa lebih nyaman dalam menjalankan proses instalasi.

Untuk menyalakan kedua CCTV pintar ini kamu dapat menekan tombol daya sekitar 5 detik. Selanjutnya, Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01 akan menyalakan lampu indikator berwarna merah yang berkedip pelan.

Ya! Kedipan lampu indikator berwarna merah yang begitu pelan menandakan bahwa unit CCTV pintar tersebut menunggu koneksi WiFi. Karena itu, koneksikan Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01 dengan koneksi WiFi yang kamu miliki.

Selanjutnya, integrasikan kedua unit CCTV pintar tersebut ke smartphone. Untuk itu, kamu perlu menginstall aplikasi IT Smart via Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna perangkat berbasis iOS dari Apple.

Selanjutnya, lakukan registrasi akun pada aplikasi IT Smart. Jika proses ini berhasil, kini saatnya kamu menghubungkan kedua CCTV pintar tersebut dengan smartphone. Buka aplikasi IT lalu tap simbol Plus (+) di pojok kiri atas.

Selanjutnya, pilih IT SMART OUTDOOR CAMERA W01 atau IT SMART FLOODLIGHT CAMERA FW01. Pastikan bahwa lampu indikator yang ada pada kedua CCTV pintar tersebut berkedip secara cepat. Selanjutnya, masukkan nama WiFi kamu dan sandinya, lalu tap Next.

Pindai barcode yang muncul pada aplikasi IT Smart dengan kamera CCTV pintar yang sedang diinstalasi. Saat unit CCTV pintar mengeluarkan bunyi “beep”, unit CCTV pintar tersebut akan terkonfigurasi kurang lebih 30 detik.

Setelah terkoneksi, tekan Done. Kini, Smart Outdoor Camera W01 & Smart Floodlight Camera FW01 bisa kamu pasang ke bracket yang telah tersedia. Kedua CCTV pintar tersebut kini bisa kamu operasikan via smartphone dari mana saja.

Smart Power Socket Dual Plug PS02

Guna melengkapi ekosistem smart home device yang dikembangkannya, IT juga meluncurkan Smart Power Socket Dual Plug PS02. Singkatnya, ini adalah colokan listrik pintar yang juga dapat kamu operasikan via smartphone melalui jaringan internet.

Smart Power Socket Dual Plug PS02 memiliki faktor bentuk seperti colokan listrik pada umumnya. Perangkat ini dibalut dengan warna putih dan ada dukungan Dual USB Port 2.4A serta Individual Socket Control sebanyak dua buah.

Ya! Datang sebagai colokan listrik pintar, Smart Power Socket Dual Plug PS02 juga dapat dioperasikan via smartphone menggunakan aplikasi IT Smart. Selain itu, perangkat ini juga mendukung Voice Control.

Melalui aplikasi IT Smart, kamu dapat mengatur jadwal penggunaan masing-masing dari Dual USB Port 2.4A serta Individual Socket Control yang ada. Selain itu, ada juga fitur yang dapat merekam pemakaian listrik selama satu bulan (Electricity Usage Record).

Harga & Ketersediaan Perangkat Smart Home IT

Kamu yang tertarik dengan ketiga perangkat smart home berbasis IoT dari IT ini bisa langsung mengakses eraspace.com. Smart Outdoor Camera W01 dan Smart Floodlight Camera FW01, masing-masing dijual dengan harga Rp1.499.000 dan Rp1.599.000. Sementara, Smart Power Socket Dual Plug PS02 dibanderol dengan harga Rp299.000.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...