Sabtu, April 20, 2024

Perkuat Ekosistem Digital, Huawei Lakukan Sinergi Triple Helix

Techbiz.id – Huawei mempererat sinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman (MoU). 

Menurut Mira Tayyiba, Sekretaris Jendral Kementerian Kominfo, penandatanganan MoU kerja sama antara Kemenkominfo dan Huawei akan menjadi tanda dari prakarsa besar yang dapat bermanfaat bagi Huawei dan Indonesia, kerja sama ini juga nantinya akan membantu kita semua dalam upaya merealisasikan transformasi digital yang inklusif melalui perluasan konektivitas dan pengembangan sektor digital.

“Di masa mendatang saya yakin bahwa inisiatif kita ini akan membawa manfaat besar dan nyata bagi masyarakat Indonesia pada umumnya,” tegas Mira Tayyiba

Jacky Chen, CEO, Huawei Indonesia mengatakan bahwa, kolaborasi meningkatkan daya saing nasional dan meningkatkan kapasitas untuk mengambil peran yang lebih besar di pasar global.

Dituntun oleh komitmen Huawei “I Do Collaborate, Huawei menegaskan kembali kontribusi nyata dalam penguatan ekosistem TIK Indonesia, dan berdampak pada manfaat bagi masyarakat digital, dan pertumbuhan ekonomi.

“Kami percaya semakin kuat pilar yang kita bangun, semakin kokoh pula ekosistem digital akan bertahan untuk menopang kesinambungan transformasi digital,” kata Jacky Chen.

Pembaruan MoU antara Huawei dengan Kementerian Kominfo mencakup pengembangan sumber daya manusia, perencanaan solusi transformasi digital dan ekosistemnya, perencanaan infrastruktur TIK, dan konsultasi yang mengedepankan tata kelola yang baik.

Huawei juga menancapkan tonggak baru kolaborasi riset dengan menandatangani MoU dengan dua institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Telkom University melalui laboratorium bersama (joint labs).

Huawei mepertegas dukungannya untuk  sivitas akademika dengan membangun Joint Lab xG Research Center bersama ITB sebagai pusat penelitian untuk mengimplementasikan teknologi 5G dalam kebutuhan sektor industri dan pembangunan Ibu Kota Baru.

Sementara itu, melalui MoU bersama Telkom University, Huawei mendirikan Beyond 5.5G Lab untuk penelitian dan pengembangan yang dapat memfasilitasi para peneliti untuk menghasilkan inovasi di bidang teknologi yang berkualitas dunia.

Kolaborasi ini turut melengkapi dukungan Huawei bersama kedua universitas sebelumnya, di mana melalui program Huawei ICT Competition, mahasiswa ITB berhasil meraih gelar terbaik pada tahun 2020. Sementara itu, Telkom University dan Huawei juga telah menjalin kerjasama jangka panjang dalam hal pengembangan talenta lokal, serta berbagi informasi terkait benchmark industri global.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...