Jumat, April 19, 2024

TelkomGroup Sukses Datangkan Investor Danai Startup Hingga USD399 Juta

Techbiz.id – Telkom melalui entitas anak usahanya MDI Ventures telah membantu penyaluran investasi bagi startup tanah air, sekaligus mengakselerasi kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Sejak bulan Juli 2022, TelkomGroup telah mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor, baik lokal maupun internasional, dari berbagai belahan dunia. Berkat inisiatif tersebut, 25 startup tanah air berhasil meraih pendanaan senilai total Rp6,19 triliun (USD399 juta) untuk pendanaan tahap pra-awal (pre-seed) hingga Seri-C.

Pada event B20 Summit beberapa waktu lalu, Telkom mengundang perwakilan investor, investor global, dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi tersebut.

“Kami percaya bahwa Telkom memiliki peran sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia. Oleh karena itu, kami terus bersikap proaktif dalam membaca potensi pasar dan menilik berbagai peluang untuk melakukan ekspansi bisnis. Ini merupakan sebuah kebanggaan dan wujud komitmen nyata kami untuk terus mengakselerasi digitalisasi dalam negeri,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom. 

Menteri BUMN RI Erick Thohir mengapresiasi langkah Telkom bersama MDI Ventures. Investment agreement dengan nilai tidak sedikit mencapai 399 juta dollar ini meurut Erick tentunya bukti nyata bahwa Telkom serius dalam mendukung perkembangan ekosistem startup merah putih.

“Pencapaian ini sejalan dengan semangat dan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk mengundang sebanyak-banyaknya investasi ke Indonesia dan hal tersebut dapat kita lihat dari apa yang sudah Telkom lakukan,” ujar Erick Thohir.

Dari total pendanaan USD399 juta, mayoritas di antaranya (92,8%) merupakan pendanaan Seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal. Hal ini menunjukkan bahwa para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia, dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

“Dalam rangkaian inisiatif matchmaking MDI Ventures sebagai bagian dari Telkom, kami melihat bahwa kesempatan yang ada bukan hanya untuk memfasilitasi investor untuk menyalurkan pendanaan ke startup guna mendapatkan capital gain, tapi juga membuka peluang bagi investor untuk mendapatkan akses ke produk dan inovasi.” kata Donald Wihardja, CEO MDI Ventures.

Ia menambahkan, “Kami bersama TelkomGroup berharap dapat terus menjadi jembatan bagi startup Indonesia dengan para investor lokal dan internasional untuk bekerja sama sebagai salah satu langkah untuk mendukung perkembangan ekosistem digital yang ada di Indonesia.” 

Menurut Bank Indonesia, pada tahun 2021, nilai perdagangan digital di Indonesia telah mencapai Rp401 triliun seiring dengan meningkatnya adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat, didukung dengan perkembangan sistem pembayaran digital dan akselerasi perbankan digital.

Pada tahun 2025, ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai USD146 miliar sebelum tumbuh delapan kali lipat menjadi Rp4.531 triliun pada tahun 2030. Indonesia kini menjadi tujuan investasi digital terpopuler di cakupan regional, yakni mewakili 40% digitalisasi di Asia Tenggara.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...