Minggu, Januari 29, 2023

Dimensity 8200 Bakal Tenagai Smartphone 5G Premium

Techbiz.id – Cipset terbaru Dimensity 8200 resmi diperkenalkan Mediatek untuk smartphone 5G kelas premium. Smartphone yang ditenagai cipset ini akan menawarkan pengalaman tingkat flagship yang mencakup konektivitas, game, multimedia, layar, dan gambar—tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Dibuat dengan proses teknologi  4 nanometer (nm), cipset ini memberikan efisiensi daya yang luar biasa. Selain itu, cipset juga mengintegrasikan CPU octa-core dengan empat inti Arm Cortex-A78  yang beroperasi hingga 3,1 GHz bersama mesin grafis Mali-G610 sehingga semakin membuat kinerja perangkat menjadi lebih baik di seluruh aplikasi.

Untuk meningkatkan performa bermain game, cipset ini memanfaatkan teknologi game HyperEngine 6.0 MediaTek, sehingga pengguna bisa merasakan gameplay dengan framerate tinggi secara mulus tanpa penurunan koneksi, FPS jitter, atau jeda gameplay. Teknologi Intelligent Display Sync 2.0 MediaTek juga secara cerdas menyesuaikan kecepatan penyegaran layar sesuai dengan frame rate game yang terdeteksi, sehingga membantu pengalaman menonton yang mulus.

“MediaTek Dimensity 8200 akan memperkaya pengalaman bermain game pada telepon pintar 5G premium juga menghadirkan gameplay yang lebih halus dengan frame rate tinggi, grafik mengesankan, dan konektivitas tanpa batas,” kata CH Chen, Deputy General Manager Wireless Communication Business Unit di MediaTek.

Selain itu, penambahan efisiensi daya Dimensity 8200 menurut CH Chen juga membuat konsumen tidak perlu mengorbankan masa pakai baterai untuk merasakan kinerja super tinggi.

Dengan didukung teknologi Imagiq 785 ISP tingkat flagship, Dimensity 8200 mampu mendukung foto berukuran 320 megapiksel (MP) dan menangkap video HDR 14-bit yang nyata hingga tiga kamera secara bersamaan. 

Selain itu, mendukung rekaman video sinematik dengan tangkapan kamera ganda untuk efek bokeh yang terlihat alami. Cipset ini  harus diakui juga memiliki kemampuan untuk mengurangi noise berbasis kecerdasan buatan (AI) yang begitu cepat. Tentu saja, ini berfungsi untuk mempertahankan hasil gambar dengan detail halus, terutama di lingkungan bercahaya redup.

Modem 5G telah terintegrasi di Dimensity 8200 yang sesuai teknologi standar 3GPP Release-16 terbaru, sedangkan dukungan 3CC carrier aggregation memperkuat kinerja pada frekuensi sub-6GHz. Cipset ini juga mendukung Wi-Fi E tri-band untuk konektivitas nirkabel yang lebih cepat, sedangkan antena 2×2 memastikan penambahan performa dan keandalan koneksi.

Dimensity 8200 akan mendukung peluncuran perangkat 5G di pasar global mulai Desember 2022.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...