Minggu, Januari 29, 2023

Smart Home IT Bikin Lantai Bersih, Udara Pun Jernih

Techbiz.id – Untuk menjaga rumah tetap bersih dengan udara dalam ruangan tetap jernih, IT (Immersive Tech) punya solusi smart home yang dapat kamu andalkan.

Ya! Kamu dapat menggunakan IT Smart Air Purifier S280 dan juga memerintahkan Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 untuk bekerja, tak hanya menyapu tetapi juga bisa mengepel lantai di rumah.

Rangkaian produk smart home tersebut terintegrasi dengan aplikasi IT Smart sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan dan mengontrol semua produk IT Smart Home di manapun, kapanpun, melalui smartphone apapun, hanya dengan satu aplikasi saja.

Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 adalah salah satu perangkat berbasis IoT alias internet of things yang belum lama ini telah secara resmi diluncurkan oleh IT di pasar Indonesia. Perangkat pintar ini pun bisa kamu operasikan via smartphone.

Perangkat smart home dari IT yang dikenal sebagai IT-Bot ini punya body yang dirancang oleh IT berbentuk tabung. Ketebalannya hanya 75 mm. Sementara, diameter perangkat ini berukuran 330 mm dengan bobot yang cukup berat, yakni 3 Kg.

Perangkat pintar alias smart device berbasis IoT yang bisa kamu perintahkan untuk menyapu atau mengepel lantai di rumah ini punya tombol kontrol dalam bentuk lampu LED di bagian atasnya.

Untuk melindungi dari benturan benda keras saat IT-Bot ini bekerja, IT telah membekalinya dengan bumper yang fleksibel di sisi samping. Ada juga colokan listrik DC, tombol power dan tombol untuk melepas Tanki Debu atau Tangki Air jika terpasang.

Ada roda putar untuk bernavigasi, kontak pengisi daya yang letaknya di kiri dan kanan dari roda putar, sikat samping (kiri dan kanan), tempat baterai, dan dua buah roda untuk maju dan mundur, serta sikat utama. Semua itu bisa kamu temukan di bagian bawah.

Jika Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 kamu perintahkan untuk menyapu lantai, kamu bisa memasang Tangki Debu. Sementara, jika ditugaskan untuk mengepel lantai, yang harus kamu pasang adalah Tangki Air.

Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 telah dibekali baterai berkapasitas 2500 mAh. Sama seperti baterai yang ada di smartphone, kamu juga dapat mengisi ulang catu daya tersebut jika sudah habis.

Untuk pengisian baterainya, bisa langsung mencolokkan adaptor pengisian daya melalui colokan listrik DC yang ada di sisi unit IT-Bot. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Dock Pengisi Daya yang sudah tersedia dalam paket penjualan.

Ya! IT juga menyertakan Dock Pengisi Daya dalam paket penjualan. Ini merupakan sebuah dock yang dapat kamu letakkan di sudut lantai untuk mengisi daya baterai IT-Bot secara mandiri. Dock Pengisi Daya ini perlu kalian colokkan ke listrik di rumah.

Seperti telah disebutkan, Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 juga memiliki Tangki Debu dan Tangki Air. Kedua tangki ini dapat dipasang ke bodi IT-Bot, dengan menentukan tugas apa yang ingin dikerjakan oleh IT-Bot.

Tangki Debu memiliki kapasitas 600 ml. Sementara, Tangki Air bisa menampung air sekitar 200 ml. Jika Tangki Debu dilengkapi dengan HEPA Filter, Tangki Air hanya punya kain pel yang dapat dilepas-pasang.

Untuk membersihkan Tangki Debu jika telah selesai mengerjakan tugasnya, ITjuga telah menyertakan panduan singkat bagaimana kamu bisa merawat atau membersihkan Tangki Debu hingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Seperti yang sudah diinformasikan di awal, perangkat cerdas berbasis IoT ini dirancang oleh IT untuk menyapu dan mengepel lantai secara mandiri, yang tentunya dapat dikontrol via remote (bawaan) atau smartphone.

Nah! Jika kamu ingin mengontrol penuh perangkat pintar ini untuk menyapu atau mengepel lantai di rumah, kamu dapat menginstall aplikasi IT Smart yang tersedia secara cuma-cuma di Play Store (Android) atau pun App Store (iOS).

Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 ini juga menawarkan lima mode pilihan bagaimana perangkat ini bisa kalian perintahkan membersihkan lantai. Kelima mode tersebut adalah Smart Cleaning, Edge Cleaning, Mopping Mode, Spot Cleaning dan Manual Cleaning.

Jika kamu memiliki area lantai di rumah yang begitu luas, tak perlu khawatir ketika memerintahkan IT-Bot untuk menyapu. Kapasitas Tangki Debu 600 ml mampu menyedot lebih banyak kotoran sambil menjangkau lebih banyak area yang akan dibersihkan.

Perangkat pintar ini juga punya daya hisapnya hingga 1800 Pa, mampu membersihkan lantai dan menyedot debu bulu binatang serta kotoran lainnya yang lebih besar. Punya bodi yang ringkas (ketebalan 75 mm) dapat dengan mudah menjangkau area di bawah sofa, lemari, tempat tidur dan sebagainya.

Dukungan Filter HEPA secara efektif mampu menyaring polutan dan alergen partikulat kecil, seperti debu, tangau dan bakteri. Daya tarik lainnya, baterai berkapasitas 2500 mAh dapat diperintahkan untuk membersihkan lantai hingga dua jam.

IT-Bot juga telah dilengkapi sensor navigasi yang cerdas. Pertama, perangkat ini punya sensor untuk mendeteksi dinding atau benda lainnya di lantai. Dengan begitu, perangkat ini bisa menghindar untuk menabraknya saat membersihkan lantai.

Sensor lainnya yang disematkan oleh IT ke dalam perangkat ini adalah sensor anti jatuh. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir ketika memerintahkan perangkat ini untuk menyapu atau mengepel lantai atas dan anak tangga di rumah.

Ada juga sensor yang dapat memandu IT-Bot untuk kembali ke Dock Pengisi Daya saat baterai hampir habis dan bisa melakukan pengisian daya secara otomatis. Sensor lainnya adalah kemampuan untuk melanjutkan proses pembersihan di posisi terakhir.

Datang sebagai perangkat pintar berbasis IoT, Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 juga dapat kamu perintahkan via suara. Ya! Kamu bisa memberi perintah kepada IT-Bot melalui Google Assistant Voice Command.

Terakhir, yang tentunya kamu juga akan sukai adalah “pembersihan terjadwal”. Kamu bisa menjadwalkan Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 atau IT-Bot ini untuk secara otomatis melakukan tugasnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Halaman selanjutnya: Smart Air Putifier S280…

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...