Kamis, April 25, 2024

Smart Home IT Bikin Lantai Bersih, Udara Pun Jernih

Smart Air Purifier S280

Smart home IT

Selain Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 yang mampir ke redaksi TechBiz.ID, ada juga produk samrt home IT untuk penjernih udara yakni Smart Air Purifier S280. Masih sama seperti pendahulunya Smart Air Purifier S130, Smart Air Purifier S280 diproduksi IT (Immersive Tech) dengan desain berbentuk tabung.

Dimensinya berukuran 245 x 247 x 366 mm. Sementara, bobotnya adalah 3,15 Kg. Karena itu, perangkat pintar berbasis internet of things (IoT) ini sangat cocok untuk diletakan di sudut ruangan di rumah atau di kantor.

Berbeda dengan Smart Air Purifier S130, IT kini menempatkan Control Panel untuk mengoperasikan secara manual di bagian sisinya. Sementara, di bagian atas, hanya ada kisi-kisi untuk jalan keluar udara.

Pada bagian bodi lainnya, pengguna perangkat pembersih udara pintar ini akan menemukan Air Inlet, Sensor Udara dan Colokan Listrik DC. Ya! Smart Air Purifier S280 ini masih memiliki banyak grill di sekeliling tubuhnya.

Layaknya sebuah produk air purifier, Smart Air Purifier S280 juga dilengkapi dengan Filter. Untuk menemukan Filter tersebut, pengguna harus membuka bagian bawah perangkat ini dengan cara memutar penutupnya.

Sementara itu, pada bagian Control Panel yang kini ditempatkan di sisi bodi perangkat, pengguna bisa menemukan Power Button yang masih mengusung sistem sentuh. IT juga memuat beberapa tombol lainnya, seperti Setting Button, Wind Speed Button/ WiFi Button, dan Timer Button.

Satu hal yang membuat perangkat ini tampil lebih menarik, IT mengemas Control Panel tersebut dalam layar berbentuk lingkaran dengan lampu LED. Sementara, port untuk mencolokkan Power Adaptor bisa ditemukan di bodi bagian belakang perangkat, di bawah.

Mampu Menyaring Partikel Udara Hingga Ukuran 2,5 Mikron

IT juga meningkatkan kemampuan Smart Air Purifier S280. Perangkat pintar ini mampu menyaring partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron. Karena itulah, pada layar Control Panel, IT mencantumkan PM2.5.

Ketika Power Button ditekan untuk menyalakan perangkat ini, dalam mode standby, perangkat akan bekerja dengan mode otomatis. Sementara, ada juga indikator berbentuk gambar daun di dalam Control Panel yang menandakan kualitas udara dengan warna yang ditampilkan.

Udara dalam kondisi baik jika gambar daun berwarna biru, dan Smart Air Purifier secara otomatis akan bekerja dengan kecepatan rendah. Warna kuning menunjukkan udara dalam kondisi sedang, dan perangkat akan bekerja dengan kecepatan sedang.

Jika udara disekitar perangkat sangat buruk, ini diindikasikan dengan gambar daun di dalam Control Panel berwarna merah. Secara otomatis, Smart Air Purifier S280 akan bekerja dengan tingkat lebih tinggi alias putaran kipas lebih kencang.

Pada perangkat ini, pengguna juga akan menemukan Setting Button. Ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan Anion dan UV. Sementara, saat masa pakai Filter sudah habis, lampu filter pada Control Panel akan berkedip merah.

Karena itu, pengguna harus segera melakukan penggantian Filter. Untuk mereset perhitungan pengingat masa pakai Filter, pengguna dapat menekan dan tahan Setting Button selama 7 detik. Dengan begitu, perhitungan masa pakai Filter akan kembali dilakukan dari awal.

Ada juga Wind Speed Button/ WiFi Button yang berfungsi mengatur kecepatan angin dengan mode Sleep-Mid-High-Auto. Tekan tombol ini selama 5 detik jika pengguna ingin melakukan pengaturan koneksi WiFi. Indikator WiFi akan menyala bila berhasil terhubung ke jaringan.

Terakhir adalah Timer Button. Ini Berguna untuk mengatur durasi kerja perangkat. Setiap menekan, akan menambah satu jam sampai 24 jam. Setelah 5 detik, fitur ini akan bekerja. Untuk membatalkan timer, tekan dan tahan tombol tersebut selama 5 detik.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...