Jumat, April 26, 2024

Yuk Selamatkan Mahluk Hidup dengan Tukarkan Telkomsel Poin di Program Jaga Bumi Carbon Offset

Techbiz.id – Telkomsel bekerja sama dengan Jejakin, baru saja meluncurkan program Carbon Offset melalui CSR Jaga Bumi sebagai upaya untuk menyerap jejak karbon yang dihasilkan oleh manusia.

Tanpa kita sadari, berbagai aktivitas kita mulai dari penggunaan bahan bakar fosil, pengubahan fungsi lahan, hingga pekerjaan industri ternyata menghasilkan jejak karbon berupa emisi gas yang dapat menimbulkan efek rumah kaca. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan menanam pohon dan mendukung keberlangsungan hidup masyarakat adat yang menjaga hutan.

Jejakin yang merupakan startup rintisan dibidang enviromental service company, memiliki misi untuk mengakselerasi climate actions. Dalam hal ini, bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, Telkomsel, untuk mendukung program Carbon Offset demi mengurangi GRK di Indonesia.

Pelanggan Telkomsel dapat menukarkan poin yang mereka miliki sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan. Dengan bantuan teknologi Jejakin, pengguna bisa melacak hingga menghitung total jejak karbon menggunakan kalkulator.

Tak hanya itu, halaman tersebut juga sudah menyediakan banyak informasi tambahan bagi pengguna yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait jejak karbon.

Cara Tukar Poin Telkomsel untuk Program Carbon Offset

  • Buka aplikasi MyTelkomsel atau kunjungi telkomsel.com
  • Pada halaman utama MyTelkomsel, scroll sedikit kebawah hingga menemukan menu Featured Offers
  • Pilih “Telkomsel Jaga Bumi Carbon Offset”
  • Setelah itu klik “Hitung jejak karbon” dan pilih “Mulai kalkulasi”
  • Silahkan mengisi data penggunaan harian seperti AC, laptop, TV, bahan bakar, dan lain-lain
  • Langkah selanjutnya klik “Hitung”
  • Terakhir, pengguna tinggal memilih berapa poin yang ingin ditukarkan. Saat ini masih tersedia dua pilihan: 50 dan 500 poin.

Pelanggan bisa melakukan kontribusi dalam bentuk Poin setara dengan sejumlah pohon (50 Poin setara dengan 0,1 pohon / 2,93 kg CO2), yang akan Telkomsel dan Jejakin tanamkan pada periode penanaman berikutnya setiap kuartal.

Sebagai perhitungan nominal, setiap 50 Poin yang pelanggan tukarkan setara dengan partisipasi senilai Rp5.000 terhadap carbon offset. Pelanggan juga bisa melakukan penukaran Poin melalui SMS ke 777 dengan mengetik ’JAGBUMI5’ untuk menukarkan 50 Poin atau JAGBUMI50’ untuk menukarkan 500 Poin sekaligus. Untuk mendapatkan laporan progress update dan monitoring secara berkala melalui email tentang pohon yang mereka kontribusikan, pelanggan dapat mengisi data nama dan email pelanggan pada short link yang akan muncul di SMS notifikasi Telkomsel Poin mereka.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...