Sabtu, April 27, 2024

Ibukota Baru dan Perbincangan Netizen

TechBiz – Presiden Jokowi telah mengumumkan kepastian mengenai pemindahan Ibukota pada 25 Agustus 2019 lalu. Tentunya, Banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari pemindahan tanpa hutang hingga pembukaan lapangan pekerjaan. Hal ini tak luput menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait Kepastian Pemindahan Ibukota ini sebanyak 31.261 buzz dari 1 Agustus hingga 31 Agustus 2019.

“Kami melihat bahwa masyarakat tergolong antusias dengan pemindahan ibukota ini, karena selain dari sisi perekonomian, hal ini juga akan berdampak pada lapangan pekerjaan semakin merata,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia.

Berdasarkan analisa sentimen di media sosial, sebesar 34.2% netizen setuju jika ibukota dipindahkan.



“Selain itu, kebanyakan dari netizen berpendapat positif jika Ibukota dipindahkan dan menyatakan setuju  bahwa pemindahan ibukota akan berdampak dalam pemerataan dari segala aspek,” jelas Yudha Prawira, Insights Manager Isentia.

Sementara,16.5% tidak setuju jika Ibukota dipindahkan karena merasa kurang paham terhadap konsep, maksud maupun tujuan dari pemindahan Ibukota.

Berkaitan dengan pemindahan Ibukota, Alasan Pemindahan Ibukota menjadi topik terkait yang paling sering dibicarakan dengan 89,6% dari total buzz, disusul dengan Pembagian Lahan 5.3% dari total buzz, Dampak Positif dari pemindahan ibukota yang mendapat perhatian sebesar 3.4%, serta Konsep Pemindahan 1.7% dari keseluruhan pembicaraan.

Dengan pemindahan ini, masyarakat sebenarnya berharap agar adanya pemerataan dari segala aspek agar tidak terjadinya ketimpangan di dalam masyarakat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...