Minggu, April 14, 2024

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id – Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya, akses internet bisa membuka jalan untuk meningkatkan pengetahuan akademik atau kreativitas; bisa menjadi sarana untuk mendulang prestasi melalui kompetisi esports; dan bisa mendukung upaya untuk memperluas skala kegiatan usaha. Sebagai perusahaan telekomunikasi dengan akses 4G terluas di Indonesia, Smartfren merespon potensi-potensi tersebut dengan meluncurkan Gerakan 100% untuk Indonesia.

Dalam gerakan tersebut, Smartfren sebagai pelopor paket internet Unlimited di tanah air, membuat beberapa pilar kegiatan yang tujuannya untuk mendukung terwujudnya digitalisasi bagi masyarakat. Pilar yang dimaksud adalah Teman Pintar Indonesia, yang memberikan pemahaman mendalam mengenai literasi digital lewat komunitas edukasi dan pedesaan; Teman Kreasi Indonesia, sebagai wadah kreativitas dan entrepreneurship generasi muda tanah air; Teman UMKM Indonesia, yang bermanfaat mendorong UMKM untuk terus berkembang dan naik kelas lewat digitalisasi; Bunda Pintar, sebagai sarana literasi digital khusus untuk perempuan dan para Ibu; serta WOW 100% untuk Indonesia sebagai rangkaian aktivitas komunitas dan keseruan bernafaskan budaya lokal.

Dani Akhyar, Head of Community Development & Public Relation Smartfren mengatakan, ”Smartfren mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menyatukan perbedaan dan menjadikan perbedaan yang kita miliki sebagai inspirasi berkarya dan menyebarkan sikap positif. Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100% untuk Indonesia ini dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi dan budaya di berbagai kota di tanah air.”

Membuka Peluang Bagi Anak Muda

Rangkaian Gerakan 100% untuk Indonesia tersebut Smartfren menjangkau anak-anak muda dan UMKM melalui kolaborasi dengan Smartfren Community dan berbagai institusi pemerintah dan swasta. Lewat jangkauan Smartfren Community, Gerakan 100% untuk Indonesia telah berjalan di lebih dari 118 kota di Indonesia, menjangkau lebih dari 2.200 perempuan, 6.900 pelajar dan lebih dari 202 sekolah untuk memberikan pelatihan literasi digital, serta memberikan pembinaan digitalisasi usaha kepada lebih dari 1800 pengusaha lokal.

Upaya Gerakan 100% untuk Indonesia membuka peluang bagi anak-anak muda diwujudkan melalui pilar kegiatan Teman Pintar Indonesia. Literasi digital yang diberikan dalam kegiatan ini antara lain berupa pengembangan diri dengan memanfaatkan internet, workshop kreator konten, hingga seminar pendidikan dan minat baca. Bukan hanya sekolah, pelajar dan mahasiswa saja yang menjadi kolaborator kegiatan ini. Smartfren bersama Smartfren Community juga menggandeng berbagai instituri pemerintah. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain, kolaborasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca di Jabodetabek.

Masih dalam topik pelatihan literasi digital, Smartfren juga merangkul para Ibu dan perempuan untuk bersama-sama meningkatkan literasi digital untuk menghadapi era digital ini. Beberapa diantaranya adalah seminar pelatihan komunikasi digital yang diselenggarakan di Natuna dan Palembang, khusus untuk para Ibu.

Adapun melalui gerakan Teman Kreasi Indonesia, Smartfren merangkul berbagai komunitas serta pelaku usaha kreatif untuk bekerja sama. Beberapa diantaranya adalah Komunitas Stand-Up Comedy Bandung, Batam dan Lampung, serta Seira Projects di Pandeglang dan BePutra di Depok bidang desain grafis yang berkolaborasi dengan Smartfren Community untuk kegiatan social media content & design di akun-akun Teman Pintar, Teman UMKM, Teman Kreasi, dan Bunda Pintar.

Baca juga:

Sementara itu pelaku usaha yang termasuk ke dalam UMKM diwadahi dalam Teman UMKM Indonesia dan WOW 100% untuk Indonesia. Salah satunya di Tangerang Selatan pada Hari UMKM Nasional yang lalu, Smartfren Community bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan dan Dewan Koperasi Indonesia untuk memberikan seminar mengenai koperasi digital. Kemudian di Malang, Smartfren Community memberikan pelatihan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan dan menampilkan praktisi media sosial Siktarina Arum Wydianti sebagai pemateri.

Smartfren juga mengajak UMKM binaan Smartfren Community dalam berbagai acara WOW 100% Indonesia yang diselenggarakan antara lain di Depok, Garut, Majalaya, Cirebon, Sidoarjo dan Malang. Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari kompetisi esports, kuliner lokal, seni tradisional, hingga hiburan. Seluruhnya menekankan pada aspek komunitas lokal dan ciri khas daerah masing-masing. Selain itu, Smartfren memberikan tempat unjuk gigi bagi UMKM binaan Smartfren Community dalam acara WOW 100% untuk Indonesia, sehingga mereka dapat menjual berbagai produk unggulannya.

Cita-cita terbesar Smartfren dari Gerakan 100% untuk Indonesia ini adalah untuk menggerakkan anak-anak muda Indonesia sehingag makin mumpuni memanfaatkan internet untuk membuka berbagai peluang baru, mewujudkan impiannya, dan menciptakan karya-karya kreatif mereka.

Terkait

Artikel Terkait

PNY Gandeng Alfa Artha Andhaya Rambah Pasar Indonesia

Techbiz.id – PNY Technologies menjalin kerja sama bisnis distribusi dengan PT Alfa Artha Andhaya untuk menghadirkan lini produknya di...