Minggu, April 14, 2024

Enam Pengusaha Perempuan jadi Pemenang dalam Kompetisi SisBerdaya

Techbiz.id – Sebanyak enam wirausahawan perempuan Indonesia, khususnya ultra-mikro dan mikro menjadi pemenang program SisBerdaya yang digelar oleh DANA dan Ant Group.

Kemenangan keeenam Pemenang Utama dinilai berdasarkan rencana bisnis mereka yang dipresentasikan selama kompetisi final. Kriteria penilaian mencakup model bisnis, skalabilitas operasional, proyeksi keuangan, hingga inovasi digital seperti pemasaran digital serta kecakapan finalis akan pemanfaatan QRIS.

Setiap Pemenang Utama berhak untuk mendapatkan hadiah senilai Rp20 juta (untuk kategori usaha ultra-mikro) dan Rp35 juta (untuk kategori usaha mikro) sebagai modal usaha yang dapat digunakan untuk mewujudkan rencana bisnis yang mereka bawakan selama proses kompetisi.

Selain keenam Pemenang Utama tersebut, program SisBerdaya juga memberikan penganugerahaan untuk 24 Wirausahawan Perempuan Unggul lainnya. Mereka akan mendapatkan hadiah berupada modal usaha untuk mengembangkan usahanya ke depan. Menariknya, seluruh pemenang SisBerdaya merepresentasikan jenis usaha yang beragam mulai dari tekstil seperti tenun, kriya, makanan kemasan,

Memurut Agustina Samara, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA Indonesia, Program SisBerdaya ikut membuktikan kolaborasi merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi perempuan Indonesia.

Sementara itu Carrie Suen, Senior Advisor, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group memyampaikan bahwa pihaknya ingin mendorong seluruh peserta SisBerdaya untuk terus menjalin kedekatan satu sama lain serta dengan komunitas lokal untuk memberdayakan kesuksesan wirausahawan perempuan lainnya.

“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa untuk melibatkan beragam kelompok wirausahawan perempuan baik dari kategori usaha mikro dan ultra-mikro dari berbagai daerah, industri, dan latar belakang. Bersama DANA, kami bangga telah berperan serta dalam mendukung mereka untuk mencapai potensi penuhnya di skala global,” ucapnya.

Program SisBerdaya telah berlangsung selama tiga bulan lamanya yaitu sejak Maret hingga Mei 2023. Setelah menjaring lebih dari 2.400 pendaftar di berbagai daerah di Indonesia, 180 pendaftar yang paling menonjol kemudian dipilih untuk mendapatkan pendampingan selama sebulan lamanya dan pelatihan keterampilan dari berbagai ahli dari DANA, Ant Group, Pemerintah, dan mitra dari berbagai industri.

Selama Kompetisi Presentasi Final yang berlangsung hari ini, 30 finalis yang berasal dari tiga kategori area berbeda dari kategori usaha mikro dan ultra-mikro berkesempatan untuk mempresentasikan rencana bisnis mereka di depan para juri, yang terdiri dari Agustina Samara (Chief of People and Corporate Strategy DANA Indonesia), Rose Dian Sundari (Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK), Carrie Suen (Senior Advisor, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group), Septriana Tangkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo), Mira Rahmawaty (Deputi Direktur Kelompok Pengembangan UMKM, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen), dan Temmy (NAKAMA Program).

Daftar pemenang

Para Pemenang Utama dari kompetisi presentasi final di Area 1 yang mewakili Kalimantan dan Sumatera adalah Siti Aswinda dari Medan dengan usaha makanan bernama ‘Bakso Makiji’ untuk kategori usaha mikro dan Efariany dari Pekanbaru yang memiliki usaha makanan yaitu ‘Bawang Kadedika’ untuk kategori usaha ultra-mikro.

Sementara itu, Pemenang Utama dari Area 2 yang mencakup wilayah Sulawesi, Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali adalah Eka Shandy dari Makassar dengan usaha tenun dan kerajinan tangan bernama ‘Dituta’ untuk kategori usaha mikro dan Musridawanti dari Makassar dengan usaha kerajinan berjudul ‘Whantie Collection’ untuk kategori usaha ultra-mikro.

Adapun Pemenang Utama dari Area 3 yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi adalah Inne Viryani dari Tangerang dengan nama usaha Coklat dan Sambal Kurma ‘Riasafood’ untuk kategori usaha mikro Romauli Sri Astuti dari Jakarta Pusat dengan usaha makanan bawang goreng dengan nama Ulimus untuk kategori usaha ultra-mikro.

Guna menciptakan program yang berkelanjutan dan tepat guna, DANA dan Ant Group akan terus memantau kesesuaian rencana usaha seluruh pemenang dan menyediakan layanan konsultasi bisnis bersama dengan karyawan DANA apabila diperlukan oleh pemenang terkait.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...