Sabtu, April 13, 2024

Momen Lebaran 2023 Pelanggan Smartfren Banyak Akses TikTok

Techbiz.id – Smartfren telah berhasil mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadan dan Idul Fitri 1444H ( Lebaran ) yang mencapai 14 persen lebih tinggi dari hari-hari biasa. Pada momen yang sama di 2022 lalu, peningkatan akses layanan data Smartfren mencapai 10% lebih tinggi dari hari-hari biasa.

Adapun secara secara year-on-year peningkatan trafik Lebaran di jaringan Smartfren tersebut sebesar 27% dibandingkan lebaran tahun lalu. Kenaikan traffic paling tinggi terjadi di Jawa tengah sebesar 23% diikuti Jawa Timur 13% dan Jawa Barat 10%.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik tahun ini Smartfren melihat peningkatakan akses internet yang lebih tinggi. Pemicunya selain karena sudah tidak adanya aturan PPKM juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat.

Selama momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik, Smartfren mencatat peningkatan akses yang signifikan pada sejumlah aplikasi digital; bila dibandingkan tingkat akses pada hari biasa. Adapun aplikasi yang dimaksud antara lain TikTok sebesar 28% dan YouTube sebesar 9%.

Terlihat juga penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp yang meningkat hingga hingga 6%, sedangkan untuk media sosial seperti Facebook dan Instagram, kemudian game esports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya terjadi juga kenaikn traffic di kisaran 2%- 5%.

“Smartfren telah menerapkan teknologi-teknologi terbaru yang menigkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi,” ungkap Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, bagi pelanggan yang memiliki aspirasi terhadap berbagai judul esports populer, teknologi ini akan memberikan pengalaman positif saat bertanding online menggunakan jaringan Smartfren.

Smartfren pun telah melakukan sejumlah inisiatif lain guna meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi. Salah satunya adalah dengan memacu proses fiberisasi atau pemasangan serat optik untuk menyambut era 5G.

Fiberisasi ini merupakan teknologi yang harus diimplementasikan guna meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah yang traffic datanya tinggi. Kemudian Smartfren terus meningkatkan coverage, antara lain dengan penambahan sejumlah total 4.000 BTS di seluruh wilayah operasionalnya.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...