Sabtu, September 18, 2021
Beranda News Digitalisasi Pengelolaan SDM, BTN Siap Hadapi Industri 4.0

Digitalisasi Pengelolaan SDM, BTN Siap Hadapi Industri 4.0

Must Read

Transaksi Daring Meningkat, Tokopedia jadi E-Commerce Favorit

Techbiz.id - Menurut Data Similarweb periode Januari-Juni 2021, Tokopedia merupakan platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat di Indonesia....

Empat Perusahaan Teknologi Dunia Hadirkan PC 5G

Techbiz.id - China Mobile akan bekerja sama dengan HP, Intel, dan MediaTek untuk berkolaborasi pada PC berkemampuan 5G untuk...

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 30A di Indonesia

Techbiz.id - Menepati janjinya, Realme secara resmi menghadirkan Narzo 30A. Perangkat yang menyasar ponsel gaming entry-level ini tiba dengan...

iPAymu Bantu Bisnis Lokal Lalui Masa Sulit

Techbiz.id - iPaymu melalui platform ekosisitem Viralmu.id berinisiatif menunjukkan dukungan kepada pelaku bisnis lokal selama masa yang sulit ini...

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Digital di Konser HITC

Techbiz.id - Telkomsel sebagai “Official Telecommunication Partner” konser Head In The Clouds (HITC) mendukung penuh konser tersebut melalui berbagai inisiatif...

Tips Bikin Konten TikTok Pakai Smartphone Sejutaan

Techbiz.id - Aplikasi yang marak di kalangan anak muda, TikTok, kini semakin menjadi perbincangan yang hangat dibicarakan. Di tahun...

TechBiz.ID – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melakukan digitalisasi terhadap seluruh proses pengelolaan sumber daya manusia ( SDM). Ini dilakukan seiring transformasi digital yang dilakukan perseroan.

“Inisiatif ini kami lakukan agar tercipta human capital yang handal dan mampu membawa BTN beradaptasi serta meningkatkan produktivitas usaha di era industri 4.0,” jelas Direktur Strategic Human Capital Yossi Istanto dalam keterangannya baru-baru ini.

Yossi mengatakan, BTN telah banyak berbenah dalam mengelola pegawai atau SDM sebagai aset penting bagi perusahaan. Adapun inovasi yang dilakukan mulai dari proses perekrutan pegawai hingga pengembangan karir untuk menjadi pemimpin perseroan.

Salah satu yang digagas adalah implementasi situs karir BTN yakni recruitment.btn.co.id untuk mendapatkan pegawai berkualitas. Kanal ini dibangun untuk mendukung percepatan proses rekrutmen.

Melalui platform ini, lanjut dia, baik pelamar maupun BTN akan sangat terbantu dalam proses seleksi kandidat pegawai. Para pelamar dapat dengan mudah mengajukan lamaran secara online dan mengirimkan berkas kelengkapan mereka secara digital.

Selain itu, pelamar dapat melakukan auto generate Curiculum Vitae (CV) dan memantau progress hasil setiap tahapan seleksi yang mereka ikuti.

Bagi tim rekrutmen perseroan, aplikasi ini membantu dalam percepatan proses rekrutmen karena data dapat ditarik sewaktu-waktu serta proses seleksi awal pelamar dapat dijalankan. Melalui platform rekrutmen ini, BTN pun dapat menyebarkan informasi lowongan serta pengumuman hasil seleksi kepada setiap pelamar melalui SMS blast.

Yossi menambahkan, BTN juga telah mengembangkan dan memiliki aplikasi Tl Talent Management System. Platform ini membantu mengelola karier pegawai sesuai dengan kinerja dan kompetensi masing-masing.

Melalui platform ini, Bank dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan pegawai di seluruh unit kerja, meminimalisir terjadinya kekosongan jabatan, serta memastikan proses promosi dan mutasi pegawai lebih objektif.

“Cara kerja platform didasarkan pada profile match up yang meliputi kesesuaian terhadap persyaratan jabatan, talent mapping, kesesuaian job family, kinerja, dan kompetensi pegawai,” kata Yossi.

Dengan inovasi digitalisasi pengelolaan SDM tersebut, Direktorat Human Capital BTN memperoleh berbagai penghargaan dalam berbagai ajang antara lain Indonesia Best Companies in Creating Leaders from within 2018 dan HR Excellence Award 2019 untuk kategori HR transformation, recruitment strategy, dan compensation & benefit.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...