Rabu, Desember 7, 2022

Layanan RCS Siap Gantikan SMS pada 2020

TechBiz.ID – Empat operator besar di Amerika Serikat (AS) Verizon, AT&T, T-Mobile, dan Sprint baru saja mengumumkan inisiatif baru untuk mewujudkan layanan pesan Rich Communications Service (RCS) untuk menggantikan layanan SMS pada tahun 2020 mendatang.

Melalui siaran pers, mereka mengumumkan telah bergabung untuk menciptakan Cross Carrier Messaging Initiative (CCMI). Tujuan inisiatif ini adalah untuk menghadirkan layanan RCS berbasis standar untuk semua pelanggan Android di masing-masing dari empat operator pada akhir tahun 2020.

Selain telepon dan SMS, komunikasi RCS akan menyediakan sejumlah platform seperti layanan pesan singkat atau chat, group chat, komunikasi video, hingga platform berbagi file lintas perangkat. Namun, pengumuman tersebut tidak jelas pada salah satu aspek terpenting dari pesan RCS: privasi.

Kata “enkripsi” tidak muncul di mana pun dalam rilis, tetapi dikatakan bahwa itu akan “memungkinkan pengalaman yang disempurnakan untuk secara pribadi mengirim obrolan individu atau grup di seluruh operator dengan gambar dan video berkualitas tinggi.”

Kendati empat operator sudah berjanji untuk membawa pesan RCS ke Android pada tahun 2020, kita masih harus menunggu sampai akhirnya layanan benar-benar diluncurkan, dan kemudian bergulir ke negara lain.

Di Indonesia sendiri, dua operator seluler nasional ikut serta dalam kerja sama layanan telekomunikasi RCS adalah Indosat Ooredoo dan Telkomsel, yang diumumkan GSMA di ajang MWC Shanghai 2016 silam. Namun hingga kini belum ada update mengenai kolaborasi tersebut.

Terkait

Artikel Terkait

MDI dan TMI Fasilitasi Sinergi Startup dan BUMN hingga Rp2,4 triliun

Techbiz.id - Dalam gelaran ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) 2022, MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) melaporkan...