Minggu, Mei 26, 2024

Digitalisasi Ubah Pola Konsumsi Masayarakat

Techbiz.id – Pola konsumsi masyarakat kini bergeser seiring dengan kemudahan teknologi digital. Di bidang ritel, konsumsi masyarakat meningkat berkat penjualan online. Peluang digital tersebut dimanfaatkan oleh pelaku industri dan UMKM untuk meningkatkan penjualan.

Hal tersebut tercermin dalam sebuah laporan yang dikeluarkan DBS Group Research yang berjudul “Digitalisasi Geser Pola Konsumsi Masyarakat”

Laporan tersebut menyebutkan bahwa kemudahan bertransaksi dan berbelanja secara online menjadi daya tarik utama bagi masyarakat untuk berbelanja terutama banyaknya penawaran menarik berupa potongan harga.

Kehadiran e-commerce pun disebutkan telah mampu mendongkrak tingkat konsumsi sektor ritel, khususnya untuk pakaian dan alas kaki yang mencapai Rp7,2 triliun pada 2018 dimana sebelumnya pada 2017 hanya mencapai Rp4,6 triliun saja.

Lebih lanjut lagi, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) menjadi kesempatan bagi perusahaan ritel untuk mendorong penjualan melalui platform online.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...