Wednesday, October 21, 2020
Home E-Commerce Fakta Di Balik Pesta Belanja Online Singles Day

Fakta Di Balik Pesta Belanja Online Singles Day

Must Read

Jualan Online Via Whatsapp Bisa Pakai Chatbot Balesin

Techbiz.id - BJTech mengembangkan fitur chat commerce (chatbot) pada platform BALESIN.ID buat para penjual online yang menggunakan...

Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri

Techbiz.id - Menyambut Hari Santri Nasional (22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) resmi meluncurkan fitur Umat Market...

Daftar Ponsel Premium dengan Chipset High End

Techbiz.id - Keberadaan chipset menjadi saah satu pertimbangan konsumen saat akan membeli smartphone. Baik sebagai daily driver...

TechBiz.ID – Salah satu pesta belanja online terbesar di Indonesia yaitu Singles Days atau 11.11 akan kembali digelar pada 11 November mendatang. Ajang ini biasanya dimanfaatkan sebagai promosi platform e-commerce untuk mengeruk banyak pemasukan dengan memberikan penawaran-penawaran khusus.

Situs berhemat CupoNation melakukan studi tentang perkembangan popularitas pesta belanja online singles day di Indonesia.

- Advertisement -

Berdasarkan hasil studi CupoNAtion, ada 5 situs toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yang jika diurut berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli.

Namun, studi menunjukkan bahwa pada pekan pesta belanja online singles day, situs ecommerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee, dan disusul oleh Lazada.

Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3 pada pekan singles day yang digelar pada tahun 2017.

Berikut adalah 5 situs toko online yang paling populer dan memiliki volume pencarian tertinggi pada google saat pekan Singles day, yang jika diurutkan adalah:

1.            Shopee

2.            Lazada

3.            Tokopedia

4.            Bukalapak

5.            Blibli

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs toko online yang paling mendominasi volume penelusuran google pada saat pekan belanja online singles day, dan disusul oleh beberapa situs e-commerce lain yang jika diurutkan adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.

CupoNation juga melakukan studi mengenai popularitas penelusuran online kata kunci 11.11. Berdasarkan hasil studi tersebut, volume penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Indonesia terus meningkat di dua tahun terakhir. Berdasarkan hasil studi, jumlah penelusuran untuk kata kunci 11.11 pada mesin pencari google meningkat hingga 29 persen di tahun 2017 dan 456 persen di tahun 2018.

Peningkatan yang cukup tajam di tahun 2018 menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon dan promo yang ditawarkan pada momentum singles day semakin bertambah dan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2019.

Jika dilihat dari sumber wilayah dari penelusuran kata kunci 11.11 tertinggi, maka setidaknya terdapat enam wilayah di Indonesia dimana masyarakatnya tercatat memiliki antusiasme yang besar terhadap pesta belanja online singles day pada tahun 2018.

Wilayah dengan jumlah pemburu diskon dan savvy shopper terbanyak adalah Banten dan disusul oleh Jawa barat. Berikut adalah deretan wilayah di Indonesia dengan masyarakatnya yang memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta belanja online singles day, jika diurutkan adalah:

1.            Banten

2.            Jawa Barat

3.            Kepulauan Bangka Belitung

4.            Kalimantan Barat

5.            Daerah Istimewa Yogyakarta

6.            Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Berbeda dengan hasil volume penelusuran kata kunci 11.11 di tahun 2017, deretan wilayah di Indonesia dengan jumlah masyarakat yang menaruh atensi tinggi terhadap pesta belanja online singles day adalah Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Jambi dan Kalimantan Tengah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Grab Sediakan Produk Proteksi Rawat Inap

Techbiz.id - Grab Financial Group (GFG) meluncurkan Hospital Cash Cover, produk proteksi rawat inap pertama untuk para pengguna,...

Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri

Techbiz.id - Menyambut Hari Santri Nasional (22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) resmi meluncurkan fitur Umat Market (U-Mart).

XL Axiata Gunakan SAP untuk Efisiensi Perusahaan

Techbiz.id – XL Axiata menggunakan SAP S/4 HANA Cloud sebagai bagian dari strategi perusahaan menjadi pelopor di industri telko dan memimpin transformasi...

Oppo Perluas Portofolio Rangkaian Produk IoT

Techbiz.id - Oppo terus memperluas portofolionya di pasar IoT dengan meluncurkan serangkaian produk terbarunya dalam acara yang mengambil tema "One More Step".

LinkAja Sediakan Pembayaran Digital di Banyuwangitourism

Techbiz.id - Mendukung sektor pariwisata Banyuwangi, LinkAja menghadirkan solusi pembayaran elektronik pada aplikasi Banyuwangitourism. Banyuwangi yang telah beberapa kali mendapatkan...
- Advertisement -

Artikel Terkait