Permintaan Produk Indonesia Tumbuh Signifikan di Alibaba

Techbiz.id – Pada tanggal 12 November 2019 lalu, Alibaba mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value RMB268,4 miliar (US$38,4 miliar) pada 11.11. Global Shopping Festival 2019, meningkat 26% dibandingkan GMV tahun 2018. Total GMV pada tahun 2018 adalah RMB213,5 miliar (US$30.8 miliar).

Dari lebih dari 22.000 brand internasional dari 78 negara dan wilayah yang berpartisipasi memeriahkan 11.11 Global Shopping Festival 2019, sejumlah brand Indonesia juga menggunakan 11.11 untuk memperkenalkan produk, membangun merek, dan terhubung dengan konsumen Tiongkok.

Kiprahnya pun menggembirakan, dengan pertumbuhan 11x YoY, berikut adalah kilasannya:

  • Pembelian produk impor dari Indonesia melalui Tmall Global mengalami kenaikan, signifikan dengan pertumbuhan GMV sebesar lebih dari 11x YoY. 
  • Kategori produk terlaris yang diimpor dari Indonesia dan dipasarkan melalui Tmall Global adalah: 
  1. perawatan rambut,
  2. biskuit
  3. makanan instan
  4. ransel
  5. bahan-bahan pembuatan kue
  • Brand Indonesia terlaris yang paling banyak dibeli oleh konsumen Tiongkok melalui Tmall Global dari sisi GMV secara berturut-turut adalah Ellips, Indomie, Kara, Gemez, Gery dan Richeese
  • Brand vitamin rambut dari Kino, Ellips, mencapai penjualan 40x lipat di 11.11. dibandingkan penjualan hariannya, bahkan menjadi brand Indonesia paling diminati di 11.11. (sumber data: Tmall Global)
  • Salah satu produk wafer dari brand Tango, dipromosikan Tmall dalam acara Gala dan countdown 11.11 sebagai bagian dari paket Tmall Magic Box yang sold out dalam waktu 2 jam. Minat konsumen akan merek Tango meningkat 115,62% di periode 11.11. (sumber data: Tmall Global dan Orang Tua Group)

“Sungguh menggembirakan melihat pertumbuhan permintaan terhadap produk-produk Indonesia yang sangat tinggi dan kesuksesan brand seperti Tango dan Ellips. Ini membuktikan bahwa brand-brand Indonesia juga bisa meraih akselerasi petumbuhan di pasar global, terutama di pasar yang menantang seperti Tiongkok,” ucap Qian Yi, Deputy General Manager Tmall Global dan General Manager Cross Border Business Lazada Group, yang memimpin program Alibaba Group: ‘Sell to China’ untuk brand-brand Asia Tenggara.

Tmall Global adalah gerbang utama ke Tiongkok bagi brand-brand internasional yang ingin memasuki pasar Tiongkok tanpa harus memiliki operasional fisik di sana. Tmall Global adalah platform dalam Alibaba Group yang menghubungkan brand internasional dengan konsumen Tiongkok yang mencari produk-produk trendi dari seluruh dunia yang suit didapatkan secara lokal di Tiongkok.

Tmall Global and Lazada baru-baru ini meresmikan model kerja sama dimana brand pada platform LazMall dapat memperluas jangkauan mereka ke Tiongkok, melalui proses yang lebih praktis dan dukungan penuh untuk membangun flagship store di Tmall Global.

“Kami berkomitmen untuk mendukung brand-brand Indonesia, supaya mereka bisa memanfaatkan kemudahan perdagangan lintas-negara di era digital ini  serta menghadirkan platform untuk menawarkan berbagai produk berkualitas tinggi kepada konsumen Tiongkok. Kami berharap, cara ini bisa semakin mendorong pelaku bisnis di Indonesia untuk memenuhi permintaan konsumen Tiongkok terhadap produk impor berkualitas tinggi,” pungkas Qian Yi.

Terkait

Terkait

Latest posts

Telkom Donasikan Robot Disinfeksi untuk Tangani Covid-19

Techbiz.id - Telkom menyerahkan bantuan Robot Disinfeksi atau Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua...

Masa Lebaran 2020 Trafik Data XL Axiata Naik 25 Persen

Techbiz.id - Dalam periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata mencatat kenaikan trafik pada layanan data sebesar...

Rekomendasi 3 Smartphone Vivo untuk Beraktivitas Setelah Lebaran

Techbiz.id - Kembali bekerja, belajar, hingga beragam kegiatan lainnya dari rumah setelah merayakan Idul Fitri akan semakin produktif jika memiliki perangkat smartphone yang didukung...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!