Fortnite Jadi Game Berpenghasilan Terbesar di 2019

Techbiz.id – Industri game secara global tumbuh 3 persen menjadi USD120,1 miliar pada 2019, menurut peneliti pasar Superdata yang merupakan anak perusahaan Nielsen, Epic Fortnite menyumbang USD1,8 miliar dari jumlah itu.

Fortnite diklaim berada di posisi pertama dengan nilai USD1,8 miliar atau sekitar Rp25 triliun. Nilai tersebut mengalahkan game Honour of Kings termasuk Arena of Valor di posisi kedua dengan angka Rp1,6 miliar untuk keduanya. Game ini pun menjadi game yang memiliki penghasilan terbesar sepanjang 2019. mencatat penghasilan terbesar beberapa game sepanjang 2019 model free-to-play.

Beralih ke posisi keempat dan kelima ada League of Legends (LoL) dan Candy Crush Saga dengan nilai yang sama yaitu USD1,5 miliar. Di posisi terakhir ada Pokemon GO dengan pendapatan mencapai USD1,4 miliar sepanjang 2019.

SuperData juga menyebut bahwa game Apex Legends menjadi disrupsi bagi Fortnite namun mereka tidak menyebutkan angka pendapatan game tersebut. Game bergaya battle royale juga diklaim tidak berhasil masuk dalam daftar 10 besar.

Namun SuperData mengklaim game bergaya Battle Royale berhasil menjuarai rekor unduhan tecepat 50 juta kali di PC dan konsol. Fortnite sendiri dilaporkan mengalami penurunan pendapatan di 2019 dibandingkan tahun lalu.

Penurunan tersebut mencapai 25 persen dibandingkan pendapatan Fortnite di 2018 yang mencapai USD2,4 miliar. SuperData menyebut game genre shooter di kumpulan game bermodel free-to-play punya performa bagus karena memberikan update yang konsisten.

SuperData mengklaim game genre shooter lebih berhasil mendorong pemainnya untuk membelanjakan uang mereka dibandingkan pemain di game MOBA. Berdasarkan jumlah pemain, gamer MOBA masih jauh lebih banyak dibandingkan penggemar setia Fortnite.

Diketahui selain bisa dimainkan di PC dan konsol, game Fortnite dapat diunduh di perangkat Android. Fortnite beta untuk Android telah diluncurkan pada pertengahan tahun 2018 lalu.Namun tidak semua merk smartphone dapat menjalankan game Fortnite. Butuh spesifikasi yang lumayan mumpuni untuk dapat memainkan ini. Yakni, OS: Android 8.0 Oreo atau lebih tinggi,RAM: 3GB atau lebih tinggi,GPU: Adreno 530 atau lebih tinggi, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12 atau lebih tinggi

Recent Articles

Pengamat: Kasus Ilham Bintang Kerjaan “Organized Crime”

Techbiz.id - Praktisi Cyber Security, Mochammad James Falahuddin menilai aksi pencurian nomor telepon seluler (Ponsel) yang dialami wartawan senior sekaligus Ketua Dewan...

Kemenkeu Diminta Evaluasi Proyek Satelit SATRIA

Techbiz.id - Proyek satelit Satria yang dicanangkan BAKTI dinilai tidak memiliki transparansi. Karena tidak adanya transparansi dan dasar perhitungan...

Yamisok Gelar Turnamen PUBG Lite di Warnet

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya, Yamisok akan menggelar turnamen PUBG Lite di warnet (icafe). Turnamen ini digelar untuk menjaga eksistensi warnet.

K-Array Kembali Ramaikan Pasar Audio System Indonesia

Techbiz.id - Setelah sempat menarik diri dari pasar Indonesia pada 2014 lalu, produsen loudspeakeer asal Italia, K-array kembali menghadirkan produknya ke tanah...

GrabFood Ajak Penggunanya Makan Teratur

Techbiz.id - GrabFood meluncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan untuk mengajak setiap orang membangun kebiasaan baru, yaitu makan teratur. Managing Director Grab Indonesia,...

Related Articles