Gamers Rogoh Kocek Hingga Rp846 Triliun Sepanjang 2019

Techbiz.id – Dana yang dikeluarkan oleh para gamer mobile melalui perangkat selulernya ternyata sangat luar biasa. Pengeluaran gamer sepanjang 2019 mencapai angka triliunan rupiah.

Dalam laporannya, Perusahaan riset pasar, Sensor Tower mengungkap pengeluaran seorang gamer seluler baik Android maupun iOS secara Global. Tercatat, sepanjang 2019 dana yang digelontorkan mencapai 61,7 miliar dollar AS atau setara Rp846 triliun. Cukup fantastis memang, mengingat terjadi peningkatan secara keseluruhan sebesar 12,8%. Pasalnya, pada 2018 hanya mampu mencatat 57,8 miliar dollar AS.

Sementara itu, pengeluaran gamer pada 2019 justru mencetak angka 74% dari total pengeluaran industri gim itu sendiri, dikutip dari Gizchina (14/01). Pada 2019, jumlah unduhan gim seluler juga meningkat sebesar 9,9% dibanding 2018. Perolehan tersebut mencatatkan 42,1 miliar kali diunduh.

Baca juga: Gamer MPL Terus Meningkat Pendapatannya

Khusus Google Play Store, memperoleh 78 persen unduhan. Gim yang populer dalam platform itu antara lain, ‘Garena Free Fire’ dan ‘Eat Chicken’. Sedangkan di iOS, Call Of Duty berhasil menjadi gim yang paling populer.

Peningkatan pengeluaran gamer ini menjadi kabar baik bagi industri gim. Pasalnya, gim mobile mewakili bagian terbesar dari industri gaming. Tercatat, secara keseluruhan gim menyumbang 68% dari total pendapatan iOS dan 84% dari pendapatan Android.

Recent Articles

Pengamat: Kasus Ilham Bintang Kerjaan “Organized Crime”

Techbiz.id - Praktisi Cyber Security, Mochammad James Falahuddin menilai aksi pencurian nomor telepon seluler (Ponsel) yang dialami wartawan senior sekaligus Ketua Dewan...

Kemenkeu Diminta Evaluasi Proyek Satelit SATRIA

Techbiz.id - Proyek satelit Satria yang dicanangkan BAKTI dinilai tidak memiliki transparansi. Karena tidak adanya transparansi dan dasar perhitungan...

Yamisok Gelar Turnamen PUBG Lite di Warnet

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya, Yamisok akan menggelar turnamen PUBG Lite di warnet (icafe). Turnamen ini digelar untuk menjaga eksistensi warnet.

K-Array Kembali Ramaikan Pasar Audio System Indonesia

Techbiz.id - Setelah sempat menarik diri dari pasar Indonesia pada 2014 lalu, produsen loudspeakeer asal Italia, K-array kembali menghadirkan produknya ke tanah...

GrabFood Ajak Penggunanya Makan Teratur

Techbiz.id - GrabFood meluncurkan Gerakan Jangan Lupa Makan untuk mengajak setiap orang membangun kebiasaan baru, yaitu makan teratur. Managing Director Grab Indonesia,...

Related Articles