Profesi Ini Paling Dicari di Era Digital

Techbiz.id – Seiring perkembangan teknologi digital, salah satu profesi paling dicari adalah Full Stack Developer yang bisa bekerja sebagai front-end maupun back-end developer.

Menuju era Industri 4.0, semakin banyak perusahaan dan start-up membutuhkan Full Stack Developer yang kompeten. Namun tingginya permintaan akan Full Stack Developer berbanding terbalik dengan keterbatasan SDM yang mumpuni di bidang pekerjaan ini.

CEO GreenHCM, Bukhari Mardius mengamini adanya tantangan tersebut. Menurutnya, di era digital dan terbatasnya talent di bidang IT, banyak start-up yang sudah mulai mencari talent IT bahkan sebelum mereka lulus kuliah.

“Rata-rata apa yang diajarkan pada saat kuliah tidak sama dengan yang diimplementasikan, terutama pada industri start-up. Kemampuan memecahkan masalah, menghadapi tantangan, pembelajar yang cepat, dan juga mau belajar hal baru pada teknologi, itu yang dibutuhkan perusahaan start-up,” papar Bukhari.

Tantangan dalam mencari Full Stack Developer ikut dirasakan Alfred Boediman, Managing Director Samsung Research Indonesia. Ia biasanya menggunakan situs khusus untuk mengawasi para software engineer yang kompeten, seperti GitHub atau Stack Overflow.

Akan tetapi Alfred mengaku tetap perlu adanya pengalaman, semangat dan pelatihan agar mereka terbiasa dengan perangkat yang digunakan dalam pekerjaan.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Pintaria mengadakan program Pintaria SUPER30 yang memberi kesempatan beasiswa pelatihan kursus Full Stack Developer dan peluang kerja.

Nilai beasiswa yang diberikan untuk masing-masing peserta sekitar Rp 40 juta per orang. Program ini sudah diresmikan pada 10 Februari 2020 di Jakarta oleh Dr. Rudy Salahuddin, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi & UKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Dalam ajang Pintaria SUPER30, 60 peserta yang tersaring di seleksi awal siap berkomitmen belajar intensif Full Stack Developer secara online selama 6 bulan. Mereka akan dibekali pelatihan hard skills maupun soft skills.

Tiap bulannya ada proses eliminasi untuk menemukan 30 talenta terbaik di akhir periode. Peserta yang lulus dari program akan disalurkan bekerja sebagai Junior Full Stack Developer di perusahaan-perusahaan mitra antara lain Bank Mandiri, BFI Finance, Kompas.com, IDN Times, Getplus Indonesia dan masih banyak lagi.

Di Pintaria Super30, Pintaria menggandeng tokoh-tokoh IT dengan pengalaman puluhan tahun sebagai SUPERmentor untuk mendampingi para peserta selama 6 bulan program berlangsung.

Terkait

Terkait

Latest posts

Telkom Donasikan Robot Disinfeksi untuk Tangani Covid-19

Techbiz.id - Telkom menyerahkan bantuan Robot Disinfeksi atau Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua...

Masa Lebaran 2020 Trafik Data XL Axiata Naik 25 Persen

Techbiz.id - Dalam periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata mencatat kenaikan trafik pada layanan data sebesar...

Rekomendasi 3 Smartphone Vivo untuk Beraktivitas Setelah Lebaran

Techbiz.id - Kembali bekerja, belajar, hingga beragam kegiatan lainnya dari rumah setelah merayakan Idul Fitri akan semakin produktif jika memiliki perangkat smartphone yang didukung...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!